Ayo Vaksin! Mayoritas Pasien Omicron Meninggal Belum Divaksin

ADVERTISEMENT

Ayo Vaksin! Mayoritas Pasien Omicron Meninggal Belum Divaksin

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Senin, 07 Feb 2022 12:41 WIB
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan
Luhut Binsar (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan membuka data pasien COVID-19 varian Omicron yang meninggal dunia. Tercatat, hingga saat ini sebanyak 356 pasien Omicron telah meninggal dunia.

"Dari 356 pasien meninggal dari sejak Omicron ini jalan, 42% itu memiliki komorbid, 44% lansia. Ini yang ingat 69% belum divaksinasi lengkap," kata Luhut dalam keterangan pers virtual, Senin (7/2/2022).

Luhut menekankan bahwa kelompok komorbid dan lansia menjadi perhatian. Luhut meminta agar kelompok komorbid ini melengkapi vaksinasi.

"Jadi kelompok komorbid saya mohon, yang punya hipertensi, diabetik, dan komplikasi perlu mendapatkan perhatian," katanya.

"Yang data meninggal di angka yang terakhir ini, mayoritas dari pasien yang dirawat berat, kritis dan para lansia. Jadi saya mohon yang lansia, kalau anda belum vaksin, cepat-cepat vaksin sekarang," lanjutnya.

Sementara itu, Luhut juga mengungkapkan bahwa 65% pasien Omicron yang dirawat saat ini bergejala ringan dan tanpa gejala. Dia mengimbau agar pasien yang itu masuk ke isolasi terpusat (isoter).

"Mengenai perawatan di rumah sakit perlu kami sampaikan bahwa 65% pasien yang dirawat saat ini memiliki gejala ringan dan tanpa gejala. Yang kita minta jangan masuk rumah sakit tapi masih saja isoter, karena cukup dengan isoter," katanya.

(lir/tor)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT