ADVERTISEMENT

Polisi Tabrakkan Diri ke Motor Jambret di Riau Dapat Rekomendasi Sekolah

Raja Adil Siregar - detikNews
Senin, 07 Feb 2022 12:26 WIB
Bripka Oktavianus, anggota Polsek Tenayan Raya, diberi penghargaan dari Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal, karena aksi heroik ringkus jambret perampas ponsel seorang ibu di Riau.
Foto: Bripka Oktavianus, anggota Polsek Tenayan Raya, diberi penghargaan dari Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal, karena aksi heroik ringkus jambret perampas ponsel seorang ibu di Riau. (Raja Adil/detikcom)
Pekanbaru -

Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal mengapresiasi aksi heroik dari Bripka Oktavianus Arkom yang menabrakkan motor yang ditumpanginya ke motor jambret perampas ponsel seorang ibu. Dia memastikan akan memberi rekomendasi khusus untuk Oktavianus melanjutkan pendidikan kedinasan.

"Kehadiran saya ini selaku Kapolda adalah ingin menyapa Bripka Oktavianus. Dia beberapa hari ini jadi trending topic karena aksi heroik yang patut diacungkan jempol dan patut jadi suri tauladan kami semua," ujar Iqbal di Mapolsek Tenayan Raya, Senin (7/2/2022).

Iqbal meminta 10 ribu lebih personel Polda Riau mencontoh aksi Bripka Oktavianus. Iqbal menegaskan sosok polisi sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat seperti Oktavianus lah yang dibutuhkan masyarakar.

"Dengan instingnya, jiwa raganya. Apapun yang terjadi diberikan demi kemanusiaan," kata Iqbal.

Eks Kapolda NTB itu menyebut sebelum kejadian Bripka Oktavianus akan menuju lokasi untuk pengamanan unjuk rasa di Bukit Barisan. Tapi di tengah perjalanan terjadi aksi jambret.

"Jumat kemarin beliau akan melakukan pengamanan unjuk rasa di salah satu jalan di Bukit Barisan. Dia melihat masyarakat dengan naluri kepolisian langsung beraksi," katanya.

Naluri itu disebut bukan tidak dipersiapkan. Naluri itu dipersiapkan sejak awal menjadi anggota Polri, apalagi Bripka Oktavianus adalah background-nya personel di Brimob.

"Dengan kemampuan, melakukan upaya paksa terbatas dengan tindakan tegas terukur menabrakkan sepeda motornya. Membuktikan dua sekaligus pelaku jambret terhenti dengan barang buktinya. Inilah yang membuat saya hadir di sini untuk memberi penghargaan kepada beliau," ungkap Iqbal.

Iqbal kemudian meminta seluruh personel kepolisian mencontoh aksi tersebut. Sebab masyarakat harus terjamin keamanannya.

"Saya perintahkan semua personel jajaran Polda Riau mencontoh Bripka Oktavianus. Polri adalah pengayom, saat masyarakat ingin melakukan aktivitas, maka kita jamin keamanan. Apapun risikonya," kata Iqbal.

Terakhir, Iqbal memastikan akan memberi rekomendasi khusus saat bintara polisi itu akan tes perwira. Ia juga meminta Bripka Oktavianus terus berlatih dan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Apabila yang bersangkutan akan ikut pendidikan saya akan beri rekomendasi khusus. Saya titip Bripka Oktavianus untuk terus berlaih, mengayomi masyarakat," katanya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT