ADVERTISEMENT

Seskab Pramono Cerita Pengalaman Tak Terlupakan Saat Dampingi Jokowi

Matius Alfons - detikNews
Sabtu, 05 Feb 2022 15:03 WIB
Seskab Pramono Anung
Foto: dok. Setkab
Jakarta -

Sekretaris Kabinet (Seskab), Pramono Anung mengungkap beberapa pengalaman menariknya selama 7 tahun mendampingi Presiden Jokowi. Dia mengaku pernah menahan buang air kecil hingga ngobrol soal dangdut saat dalam penerbangan ke luar negeri bersama Jokowi.

Awalnya Pramono berbicara kesan selama 7 tahun mendampingi Jokowi sebagai Menseskab. Menurutnya Jokowi satu-satunya presiden di Indonesia yang paling sering menggelar rapat.

"Pak Jokowi ini presiden yang paling banyak rapat dibanding dengan yang lain, dibandingkan semua presiden. Dulu kan saya lihat risalah-risalah rapat dan sidang-sidang yang dulu, biasanya rapatnya seminggu hanya sekali bahkan sebulan hanya 4 kali. Ini (Jokowi rapat) seminggu 4,5,6,7,8,9 kali," kata Pramono saat Podkabs bersama Putri Tanjung seperti dilihat di YouTube Setkab, Sabtu (5/2/2022).

Tak hanya itu, Pramono ternyata juga punya pengalaman menarik tersendiri saat mendampingi Jokowi perjalanan. Salah satunya yakni ketika perjalanan jauh ke luar negeri.

Menurutnya Jokowi tidak pernah bisa tidur ketika perjalanan jauh. Sehingga, kata dia, ketika Ibu Iriana Jokowi tidak mendampingi, maka dirinya lah yang menemani Jokowi.

"Jadi bapak presiden ini kan kalau perjalanan jauh nggak bisa tidur, dan saya beberapa kali karena ibu nggak mendampingi, kalau ibu nggak mendampingi kan saya pindah ke depan," ucapnya.

Ketika itu, Jokowi bersamanya tengah perjalanan menuju ke London dan Abu Dhabi yang memakan waktu hampir 9 jam. Karena Jokowi tidak bisa tidur, akhirnya Pramono mengaku menemaninya berbicara banyak. Salah satunya berkaitan dengan lagu hingga penyanyi dangdut yang tengah hits di Tanah Air.

"Jadi kita ngobrol dari A sampai Z, dari mulai urusan saat itu lagi top-topnya penyanyi dangdut, pokoknya semua kita omongin, termasuk Didi Kempot lah, Darboi, Denny Caknan, A sampai Z diomongin. Dan itu beberapa kali," tuturnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan Video 'Pramono Ungkap Jokowi Presiden Workaholic-Tak Suka Basa-basi':

[Gambas:Video 20detik]




ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT