Kasus Pengeroyokan Kakek Halim Berlanjut, Anak Diperiksa Polisi Siang Ini

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 05 Feb 2022 11:09 WIB
Keluarga jumpa pers terkait pengeroyokan yang tewaskan Wiyanto Halim (89) di Jaktim
Keluarga jumpa pers terkait pengeroyokan yang menewaskan Wiyanto Halim (89) di Jaktim (Wildan Noviansah/detikcom)
Jakarta -

Kasus pengeroyokan yang menewaskan Kakek Wiyanto Halim (89), yang dituding sebagai maling di daerah Cakung, Jakarta Timur, masih berlanjut. Salah satu anak Wiyanto Halim siang ini akan menjalani pemeriksaan sebagai pelapor di Polres Jaktim.

"Betul, nanti pukul 13.00 WIB ada jadwal pemeriksaan kepada salah satu anak almarhum," kata pengacara keluarga Wiyanto Halim, Freddy Yoanes Patty, saat dihubungi, Sabtu (5/2/2022).

Freddy mengatakan anak Wiyanto Halim yang diperiksa siang nanti bernama Bryana Halim. Pemeriksaan itu akan dilakukan di Polres Metro Jakarta Timur.

Menurut Freddy, pemeriksaan kliennya hari ini terkait adanya kecurigaan pengeroyokan kepada Wiyanto Halim yang dianggap tidak wajar. Pihak keluarga, lanjut Freddy, merasa pengeroyokan kepada korban bukan merupakan tindakan spontanitas.

"Kalau yang kemarin itu kan, menurut polisi sudah cukup. Tinggal mengejar para pelaku yang belum tertangkap mengenai pengeroyokan yang menyebabkan kematian. Tapi kan pihak keluarga di balik ini berkeyakinan pengeroyokan ini bukan terjadi secara spontan. Ada pemain di belakang ini yang memanfaatkan cara-cara seperti ini," jelas Freddy.

Freddy mengatakan pihaknya telah memiliki sejumlah bukti petunjuk dugaan adanya upaya perencanaan pembunuhan kepada Wiyanto Halim. Bukti tersebut akan diserahkan kepada penyidik siang hari ini.

"Nanti, setelah selesai diperiksa, rekan saya yang dampingi bisa menjelaskan (soal bukti petunjuk). Kalau sekarang, terlalu terburu-buru mendahului," jelas Freddy.

Total 6 Pelaku Pengeroyokan Ditangkap

Kasus pengeroyokan yang menewaskan Kakek Wiyanto Halim (89) gegara diteriaki maling di Cakung, Jakarta Timur, terus diusut polisi. Satu orang pelaku lagi kini ditangkap.

"Satu tersangka baru dalam kasus lansia yang tewas dikeroyok di Jaktim berhasil kita amankan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan saat dihubungi, Sabtu (29/1)

Tersangka baru ini merupakan laki-laki berinisial F (19). Zulpan menyebut pelaku berperan dalam perusakan mobil korban.

"Tersangka F ikut melakukan perusakan terhadap mobil korban," katanya.

Penangkapan pelaku F menambah daftar pelaku yang ditangkap polisi dalam kasus tewasnya Kakek Halim. Total ada enam orang pelaku yang saat ini telah diamankan polisi.

Lima tersangka lainnya yang telah ditangkap semuanya berjenis kelamin laki-laki, yakni TJ (21), JI (23), RYN (23), MA (18), dan MJ (18). Saat ini mereka telah ditahan di Polres Metro Jakarta Timur.

Simak juga 'Tanggapi Pengacara Korban, Polisi: 5 Tersangka Tak Terkait dengan Wiyanto Halim':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/mei)