ADVERTISEMENT

Hensat: Unggul Survei Jabar Jadi Modal RK ke 2024

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 04 Feb 2022 23:04 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang juga seorang arsitek, menyebut Jakarta International Stadium (JIS) keren. Kang Emil pun memberi dua jempolnya untuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Ridwan Kamil (20Detik/Aulia Risyda)
Jakarta -

Ridwan Kamil (RK) jadi pemuncak survei elektabilitas capres di Jawa Barat (Jabar). Founder KedaiKOPI Hendri Satrio menilai hasil survei tersebut menjadi modal penting untuk Gubernur Jabar itu menuju kursi capres 2024.

"Jawa Barat adalah provinsi yang paling banyak suaranya. Tentu saja ini jadi modal penting bagi RK," kata Hendri Satrio dalam keterangannya, Jumat (4/2/2022).

Meski demikian, Hendri mengingatkan bahwa elektabilitas harus terus dijaga. Bagaimana caranya? Menurut Hendri, caranya dengan banyak-banyak membuat 'pameran' dibanding pencitraan.

"RK harus lebih banyak pamer hasil-hasil pembangunannya selama menjadi gubernur. Hanya gubernur yang tidak punya hasil pembangunan yang terpaksa melakukan pencitraan," sebut pengamat politik yang kerap dipanggil Hensat itu.

Bila RK terus melakukan pembangunan yang baik bagi Jabar, Hensat meyakini peningkatan elektabilitas bakal diraih.

"Makin besar juga modal yang ia miliki untuk pencalonan presiden," ujarnya.

Menurut Hensat, Ridwan Kamil juga memiliki modal lain. Ia menilai mantan Wali Kota Bandung itu termasuk orang yang punya hubungan yang dekat dengan Jokowi, dan beberapa hasil pembangunan di Jabar diacungi jempol Jokowi.

"Salah satu juga hal penting selain dekat dengan Jokowi, tidak banyak kepala daerah yang arsitek. Jadi modal RK bukan cuma tertinggi di survei Jabar, tapi latar belakang RK yang juga disukai Jokowi," pungkas Hendri.

Diberitakan sebelumnya, Ridwan Kamil berada di posisi teratas calon presiden terkuat berdasarkan hasil survei Indonesian Politics Research and Consulting (IPRC). Dia mengungguli Menteri Pertahanan Prabowo Subianto hingga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Simak hasil survei IPRC di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT