ADVERTISEMENT

Jalan Trans Papua Putus Dihantam Longsor, Akses Nduga-Wamena Lumpuh

Wilpret Siagian - detikNews
Jumat, 04 Feb 2022 18:29 WIB
Jalan trans Papua dari Nduga ke Wamena putus akibat longsor (Dok. Istimewa)
Foto: Jalan trans Papua dari Nduga ke Wamena putus akibat longsor (Dok. Istimewa)
Nduga -

Jalan trans Papua di Kabupaten Nduga putus dihantam longsor. Personel TNI dan masyarakat setempat tengah memperbaiki jalan yang menjadi satu-satunya akses menuju Wamena, kabupaten Jayawijaya tersebut.

"Jalan yang tertimbun longsor dan amblas merupakan satu-satunya jalan akses kendaraan lajuran dari Distrik Mbua menuju Distrik Dal yang merupakan bagian dari jalan Trans Wamena-Nduga," kata Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf. Aqsha Erlangga kepada wartawan, Jumat (4/2/2022).

Jalan itu terputus usai curah hujan tinggi pada Kamis (3/2) memicu longsor sehingga sebagian besar wilayah Nduga Utara di tiga distrik yakni Distrik Mbua dan Desa Silan Distrik Dal tertutup. Aqsha menyebut jalan yang terputus berperan penting bagi roda perekonomian hingga pembangunan wilayah Pegunungan Tengah Nduga, yang saat ini dibangun Puskesmas di Desa Mbulmuyalma Distrik Dal.

"Kendaraan lajuran yang membawa bahan bangunan menjadi terhambat karena tidak dapat melintas," katanya.

Sementara itu, Danpos Grinbun Letda Inf Zeswanto menjelaskan, untuk sementara kendaraan terhenti di Distrik Mbua, mobilitas masyarakat dan pasokan sembako serta kebutuhan masyarakat di lima Desa yaitu Desa Silan, Grimbun, Labirik, Mbulmuyalma dan Dal terhambat karena tidak dapat dijangkau oleh kendaraan.

Menurut dia, pihaknya bersama masyarakat dari desa Silan, Grimbun, Mbulmuyalma dan Dal masih terus melaksanakan kerja bakti gotong royong untuk membersihkan material longsor dan memperbaiki kondisi jalan yang amblas.

"Kegiatan kerja bakti ini sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat dimana kami bertugas, dengan harapan keberadaan kami dapat diterima dan berguna bagi masyarakat sehingga terjalin hubungan yang harmonis," ungkap Letda Zeswanto.

(hmw/nvl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT