Buron 4 Tahun, Tersangka Korupsi Proyek Pasar di Sumut Ditangkap di DIY

Datuk Haris Molana - detikNews
Jumat, 04 Feb 2022 13:28 WIB
ilustrasi pria diborgol
Ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Medan -

Kejaksaan Tinggi Sumut menangkap seorang tersangka MUS, buron dugaan korupsi pembangunan Pasar Waserda (Warung Serbaada), Kecamatan Dolok Masihul, Serdang Bedagai (Sergai), tahun anggaran 2008. Akibat perbuatannya, negara diduga mendapat kerugian Rp 361 juta.

Kasi Penkum Kejati Sumut Yos Tarigan mengatakan MUS diamankan di rumahnya di Kompleks Perumahan Graha Banguntapan, Kelurahan Jambidan, Kecamatan Banguntapan, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (2/2). Saat diamankan, MUS tidak melakukan perlawanan.

"Tersangka MUS saat kita amankan tidak melakukan perlawanan dan kooperatif. Tersangka langsung diterbangkan ke Medan untuk pemeriksaan lebih lanjut," kata Yos kepada wartawan, Kamis (4/2/2022).

Yos menjelaskan MUS ditetapkan masuk DPO sejak Agustus 2018. Tersangka MUS adalah direktur salah satu perusahaan dan alamat terakhir di Medan. Sebelum ditetapkan masuk DPO, tim penyidik Kejari Sergai telah melakukan pemanggilan secara patut, akan tetapi tersangka tidak pernah datang untuk menghadiri panggilan dan selama jadi buron tersangka bekerja sebagai wiraswasta.

"Tersangka MUS terlibat dalam dugaan tindak pidana korupsi pembangunan Pasar Waserda Dolok Masihul dengan total pagu anggaran Rp 3,3 miliar bersumber dari APBD 2008. Berdasarkan perhitungan BPKP Perwakilan Sumut, kerugian negara mencapai Rp 361.585.915," sebut Yos.

Dalam perkara ini, selain MUS, ada tersangka lainnya, yaitu mantan Kepala Dinas Perdagangan dan Koperasi Sergai, Aliman Saragih.

Tersangka MUS dijerat dengan Pasal 2 dan Pasal 3 juncto Pasal 18 UU No 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU No 20 Tahun 2001 juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

"Setelah dilakukan pendataan, hari Kamis (3/2) tersangka kita serahkan ke Kejari Serdang Bedagai untuk proses lebih lanjut," sebut Yos.

Lihat juga video 'Buron Korupsi Dana Rehabilitasi Gempa Bantul 2006 Tertangkap!':

[Gambas:Video 20detik]



(dhm/lir)