ADVERTISEMENT

Antisipasi Banjir Rob, Pemkot Jakut Akan Bangun Polder di Penjaringan

Wildan Noviansyah - detikNews
Jumat, 04 Feb 2022 11:29 WIB
Calon penumpang antre untuk menaiki kapal motor saat terjadinya banjir rob di Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, Jakarta, Rabu (5/1/2022). Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), adanya fase bulan baru yang bersamaan dengan masa Perigee (jarak terdekat bulan ke bumi) menyebabkan terjadinya peningkatan secara signifikan ketinggian pasang air laut mencapai maksimum. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nym.
Ilustrasi banjir rob (Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Jakarta -

Bencana banjir rob kerap melanda beberapa daerah di Jakarta Utara. Guna mengantisipasi banjir, Pemkot Jakarta Utara akan membangun polder di sejumlah titik Penjaringan.

Rencananya polder akan dibangun di kawasan Muara Angke, Kali Asin Kelurahan Pluit serta polder Teluk Gong, Kelurahan Pejagalan. Menurut penuturan Camat Penjaringan, Depika Romadi, rencana ini baru disosialisasikan kepada masyarakat.

"Saat ini, masih dalam tahapan sosialisasi kepada masyarakat mengenai rencana pembangunan polder yang diharapkan dapat mengurangi risiko genangan di wilayah Kelurahan Pluit dan Pejagalan," ungkap Camat Penjaringan dalam rilis, Kamis (3/2/2022).

Ada beberapa lingkup yang dikerjakan dalam rencananya ini. Mulai dari pembangunan rumah pompa dan panel, rumah genset dan trafo, rumah jaga, pengerukan waduk, pipa outlet, tanggul, dan kelengkapan lainnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan Kecamatan Penjaringan, Hilda Damayanti mengatakan, hingga saat ini masyarakat menyambut baik proses pembangunan polder di Penjaringan tersebut. Dia berharap, program ini nantinya bisa mengantisipasi permasalahan genangan air di Jakarta Utara.

"Masyarakat sangat menyambut baik adanya sosialisasi pembangunan polder Muara Angke dan Kali Asin serta polder Teluk Gong. Semoga pembangunannya dapat berjalan lancar dan menjadi solusi dalam mengatasi permasalahan genangan air," kata Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan Kecamatan Penjaringan.

Tahapan pengerjaan polder di wilayah Kecamatan Penjaringan itu akan dilaksanakan hingga Desember 2022.

Lihat juga video saat 'Ratusan Rumah di Subang Masih Terendam Banjir Rob':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/lir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT