Jokowi Minta Evaluasi, Ini Daftar Level Daerah PPKM Sekarang

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 04 Feb 2022 09:31 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan agar level PPKM dievaluasi usai kasus Corona harian tembus 27 pada Kamis kemarin. PPKM sendiri telah dievaluasi dan diasesmen pada 31 Januari lalu. Berikut daftar level PPKM di tiap-tiap daerah saat ini.

Perintah evaluasi PPKM itu disampaikan Jokowi saat keterangan pers virtual Kamis (3/2) kemarin malam. Jokowi mengarahkan langsung kepada Luhut Binsar Pandjaitan dan Airlangga Hartarto yang menjabat sebagai koordinator PPKM.

"Saya juga telah memerintahkan Menko Marinves serta Menko Perekonomian untuk segera mengevaluasi level PPKM," kata Jokowi dalam pernyataan pers, Kamis (3/2/2022) malam.

Jokowi juga meminta kepala darah hingga TNI-Polri mengawasi protokol kesehatan secara ketat. Sementara itu, warga pun diminta tenang oleh Jokowi.

"Saya kembali mengingatkan masyarakat untuk tetap tenang dengan menghadapi berbagai varian baru COVID-19, tetap disiplin dengan protokol kesehatan, kurangi aktivitas yang tidak perlu," ucapnya.

Presiden Jokowi mengatakan lonjakan kasus ini sudah diantisipasi pemerintah. Jokowi menyebut penanganan pandemi Corona saat ini sudah lebih baik.

"Lonjakan ini sudah diperkirakan dan diantisipasi pemerintah dengan kesiapan kita yang sudah jauh lebih baik dibandingkan tahun-tahun lalu," ucap Jokowi.

Daftar PPKM

Sementara itu, PPKM di Jawa dan Bali sudah dievaluasi pada Senin (31/1) lalu. Ketentuan mengenai PPKM itu diatur dalam Inimendagri Nomor 06 Tahun 2022 tentang Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, dan Level 1 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali, tertanggal 31 Januari 2022.

"Penetapan level wilayah sebagaimana dimaksud pada diktum kesatu berpedoman pada Indikator Penyesuaian Upaya Kesehatan Masyarakat dan Pembatasan Sosial dalam Penanggulangan Pandemi COVID-19 yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan dan ditambahkan dengan indikator capaian total vaksinasi dosis 2 (dua) dan vaksinasi dosis 2 (dua) lanjut usia di atas 60 (enam puluh) tahun dari target vaksinasi," demikian dikutip dari Irmendagri, Selasa (1/2).

Sementara itu, PPKM luar Jawa dan Bali diatur dalam Inmendagri Nomor 07 Tahun 2022 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, dan Level 1 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papuayang dikeluarkan Mendagri Tito Karnavian pada 31 Januari 2022. Inmendagri ini berlaku pada 1 hingga 14 Januari 2022.

"Penetapan level wilayah sebagaimana dimaksud pada diktum kesatu berpedoman pada indikator penyesuaian upaya kesehatan masyarakat dan pembatasan sosial dalam penanggulangan pandemi COVID-19 yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan dan ditambahkan dengan indikator capaian total vaksinasi dosis 1 (satu), dimana level PPKM kabupaten/kota dinaikkan 1 (satu) level apabila capaian total vaksinasi dosis 1 (satu) kurang dari50% (lima puluh persen)," bunyi Inmendagri seperti dilihat detikcom, Selasa (1/2).