ADVERTISEMENT

Babak Baru Perkara Korupsi e-KTP di KPK

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 04 Feb 2022 09:22 WIB
2 tersangka kasus korupsi e-KTP ditahan KPK
KPK menahan dua tersangka korupsi e-KTP (Azhar/detikcom)

Sekilas Skandal e-KTP

Rencana pembuatan e-KTP sebenarnya telah dimulai sejak 2009 hingga akhirnya disetujui DPR pada 2010. Di tahun yang sama, proyek itu digelar bersamaan pula dengan patgulipat proyek dengan modus rekayasa tender.

Perkara ini pun mulai diusut KPK dengan menetapkan dua tersangka pertama, yaitu mantan Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri Irman dan eks Direktur Pengelolaan Informasi Adminduk Kemendagri Sugiharto pada September 2016. Kini keduanya sudah divonis bersalah melakukan korupsi terkait proyek e-KTP.

Setelahnya, KPK menetapkan pengusaha Andi Agustinus alias Andi Narogong sebagai tersangka berikutnya dalam kasus ini pada Maret 2017. Di sisi lain ada Miryam S Haryani yang dijerat KPK sebagai tersangka karena memberi keterangan palsu terkait kasus proyek e-KTP pada April 2017.

Setya Novanto

Selanjutnya ada nama Setya Novanto, yang kala itu penuh drama sejak dari penetapan tersangka hingga persidangan. Berlanjut ada nama anggota DPR Markus Nari dan mantan Dirut PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudihardjo.

Kemudian ada pula keponakan Novanto, Irvanto Hendra Pambudi Cahyo, dan pengusaha Made Oka Masagung pada Februari 2018. Mereka dijerat sebagai tersangka serta telah dinyatakan terbukti bersalah.

Angkatan terakhir adalah Isnu dan Husni, yang baru saja ditahan. Lalu ada Miryam yang telah lebih dulu diusut KPK untuk perkara lain serta Tannos yang belum ditahan KPK.

Deretan tersangka ini baru sekelumit dari apa yang sudah terungkap di dakwaan. Kini kita tunggu taji KPK untuk benar-benar membongkar keseluruhan skandal e-KTP.


(dhn/fjp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT