Salin Rupa Aturan Sekolah Tatap Muka untuk Daerah PPKM Level 2

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 03 Feb 2022 21:19 WIB
Ilustrasi siswa atau sekolah
Ilustrasi (Foto: Getty Images/GlobalStock)
Jakarta -

Aturan pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) kini telah bersalin rupa. Daerah yang berstatus PPKM level 2 boleh melaksanakan PTM dengan kapasitas 50 persen.

Aturan ini mulai berlaku hari ini. Adapun pelaksanaan PTM terbatas ini merupakan diskresi.

"Mulai hari ini, daerah-daerah dengan PPKM level 2 disetujui untuk diberi diskresi untuk dapat menyesuaikan PTM dengan kapasitas siswa 100 persen menjadi kapasitas siswa 50 persen," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) Suharti melalui keterangan tertulis, Kamis (3/2/2022).

"Penekanan ada pada kata 'dapat' artinya, bagi daerah PPKM level 2 yang siap melaksanakan PTM terbatas sesuai SKB Empat Menteri dan tingkat penyebaran COVID-19-nya terkendali, sekolah-sekolah pada daerah tersebut tetap dapat melaksanakan PTM terbatas dengan kapasitas siswa 100 persen," lanjutnya.

Suharti menuturkan Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves), Kemendikbud-Ristek, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dan Kementerian Agama (Kemenag) menyetujui untuk diberikan diskresi kepada daerah pada wilayah PPKM level 2.

Suharti menyampaikan pelaksanaan PTM terbatas harus dibarengi protokol kesehatan ketat. Dia menyebut pihaknya telah menyiapkan surat edaran terkait penyesuaian PTM terbatas kapasitas 50 persen untuk disebarkan ke setiap sekolah.

"Tentunya PTM terbatas harus tetap diikuti dengan protokol yang ketat, surveilans, dan pengaturan penghentian sementara PTM terbatas sesuai ketentuan dalam SKB 4 Menteri," ucapnya.

"Kemendikbud-Ristek telah menyiapkan surat edaran terkait penyesuaian PTM terbatas agar dapat diterapkan sekolah-sekolah mulai Kamis, 3 Februari 2022. Menjadi sangat penting bagi pemerintah daerah untuk melakukan pengawasan dan memberikan pembinaan terhadap proses PTM terbatas," imbuhnya.

Izin Orang Tua

Aturan PTM terbatas ini tertuang dalam SE Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nomor 2 Tahun 2022 soal diskresi pelaksanaan keputusan bersama 4 menteri tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi COVID-19. Surat ditandatangani Mendikbud-Ristek Nadiem Anwar Makarim, Rabu (2/2/2022).

"Orang tua boleh menentukan anaknya mengikuti PTM terbatas atau mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ)," tulis SE tersebut seperti dilihat pada Kamis (3/2/2022).

Dalam SE tersebut juga disebutkan pelaksanaan PTM terbatas pada wilayah dengan status PPKM level 1, 3, dan 4 mengikuti ketentuan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri. Untuk penghentian sementara PTM terbatas juga mengikuti ketentuan SKB 4 Menteri.

"Pelaksanaan PTM terbatas pada satuan pendidikan yang berada di daerah dengan PPKM level I (satu), level 3 (tiga), dan level 4 (empat) tetap mengikuti ketentuan dalam Keputusan Bersama 4 (empat) Menteri," ujarnya.

"Penghentian sementara PTM terbatas pada satuan pendidikan tetap mengikuti ketentuan dalam Surat Keputusan Bersama 4 (Empat) Menteri," lanjut SE tersebut.

Adapun daftar daerah yang bisa menggelar PTM terbatas kapasitas 50 persen yakni sebagai berikut:

Simak di halaman berikut