Pesantren Afiliasi Teroris Jadi Polemik, MUI Akan Rumuskan Kaidah Terorisme

ADVERTISEMENT

Pesantren Afiliasi Teroris Jadi Polemik, MUI Akan Rumuskan Kaidah Terorisme

Wildan Noviansah - detikNews
Kamis, 03 Feb 2022 18:26 WIB
Ketua MUI Noor Ahmad dan Kepala BNPT Boy Rafli
Foto: Wildan/detikcom
Jakarta -

Pernyataan Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar terkait 198 pesantren berafiliasi teroris menjadi polemik. Ketua MUI Bidang Hukum dan Hak Asasi Manusia, Prof Noor Achmad memastikan, ke depannya, pihaknya akan rumuskan kaidah dan kriteria terorisme.

Hal ini diungkapkan setelah pihaknya mengenal diskusi dan koordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) di Kantor MUI Pusat, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (3/2/2022).

Berdasarkan hasil diskusi, Noor Achmad mengatakan ke depan akan dibuat rumusan terkait kaidah dan juga kriteria seorang teroris, radikalis, dan juga seorang ekstremis.

"Ke depan kita akan bersama-sama (BNPT) merumuskan kaidah-kaidah seperti apa, dan kriteria seperti apa yang disebut dengan terorisme saat sekarang ini seperti apa, ekstremisme seperti apa," kata Noor Achmad, Kamis (3/2/2022).

Selain itu, menyikapi polemik data 198 pesantren yang diduga terafiliasi terorisme, Noor Achmad mengatakan, terdapat kesepakatan penggunaan diksi yang berpotensi melukai salah satu kelompok.

"Ada berapa hal tadi yang kita sepakati bersama untuk penggunaan diksi-diksi yang dikhawatirkan melukai salah satu kelompok yang memang itu sudah digunakan di dalam Islam. Ke depan Penggunaan diksi seperti pesantren, mahad dan lain sebagainya akan kita sesuaikan bersama-sama," kata dia.

Lebih lanjut, Noor Achmad menuturkan, hal ini dilakukan sebagai upaya untuk antisipasi dan juga sikap waspada terhadap munculnya gerakan terorisme di Indonesia.

"Bahwa diskusi yang kita lakukan antara BNPT dan MUI sangat dinamis, sangat ilmiah dan mempunyai pandangan yang sama. Yaitu memang kita perlu mengantisipasi dan sekaligus juga terus mewaspadai gerakan terorisme radikalisme dan ekstremisme," pungkasnya.

Simak Video 'Usai Sebut 198 Ponpes Terafiliasi Teroris, BNPT Temui MUI Samakan Persepsi':

[Gambas:Video 20detik]




(maa/maa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT