JakPro: Pembangunan JIS Capai 95,88%, Sedikit Lagi Sempurna

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 03 Feb 2022 18:05 WIB
Progres pembangunan Jakarta International Stadium telah mencapai 87 persen. Diketahui, saat ini pembangunan berfokus pada pemasangan bangku penonton.
Jakarta International Stadium (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

PT Jakarta Propertindo (JakPro) mengklaim pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) telah mencapai 95,88 persen. JakPro menyebut pembangunan JIS melampaui target.

"Progres pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) pada minggu ke-126 mencapai 95,88 persen, sedikit lagi menuju pembangunan yang sempurna. Pengerjaan pembangunan tersebut dinilai telah melebihi target dari target awal sebesar 93,98 persen atau mengalami deviasi positif sebesar kurang-lebih 2 persen," ucap Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan JakPro Nadia Diposanjoyo dalam keterangan tertulis, Kamis (3/2/2022).

Dia mengatakan capaian tersebut merupakan hal luar biasa karena JIS dikerjakan di tengah pandemi Corona. Dia juga menyebut pengerjaan terus dilakukan meski cuaca tak menentu.

"Berbagai tantangan saat pembangunan stadion kita selalu menjadi hal menarik untuk diceritakan. Namun, seperti dukungan dari warga Jakarta, tantangan yang ada menjadi salah satu semangat JakPro menyelesaikan pembangunan stadion," ucapnya.

JakPro sedang mengebut pengerjaan atap membran ETFE, yakni atap buka tutup dan sky view deck serta pengerjaan area lapangan utama. Pemasangan precast tribun, kursi tribun reguler, pekerjaan lighting, prosound lapangan utama, dan sejumlah pekerjaan lain juga dikebut.

"Ramp barat dan landscape Taman BMW beserta ramp timur sedang disempurnakan," ujarnya.

JakPro mengatakan telah memasang 1.080 unit panel surya di stadion tersebut. Pemasangan panel surya diklaim bisa menghemat 5 persen kebutuhan listrik stadion utama.

"Panel surya mampu menghemat sekitar 5 persen kebutuhan listrik untuk stadion utama. Penggunaan panel surya ini sejalan dengan konsep pembangunan JIS, yakni green building," jelasnya.

"JakPro juga telah berhasil memasang atap retractable roof, rumput, fasilitas lapangan latih, dan sarana lainnya," sambungnya.

Rangkaian Soft Launching JIS Telah Berjalan

Dia juga mengatakan rangkaian soft launching JIS tetap berjalan meski International Youth Championship (IYC) batal digelar. Dia mengatakan soft launching dilakukan dengan kunjungan publik.

"Untuk sekarang kegiatan soft launching yang sudah berjalan dengan program kunjungan publik bagi seluruh warga DKI maupun Indonesia bagi stadion kita," jelasnya.

Nadia mengatakan laga klub muda Spanyol bersama Indonesia All Star semestinya menjadi puncak acara soft launching JIS. Namun acara tersebut tak jadi digelar Februari ini.

"Untuk JIS, soft launching dilakukan melalui beberapa kegiatan, di mana puncak acaranya adalah kegiatan IYC," ucapnya.

"Program kunjungan ini akan terus kami lakukan dengan tujuan untuk mengenalkan JIS sebagai ruang terbuka publik baru bagi seluruh warga," sambungnya.

(taa/haf)