Bolak-balik Laga Real Madrid-Barcelona di JIS Ditunda

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 02 Feb 2022 11:00 WIB
Suasana pencahayaan Jakarta International Stadium (JIS)  di Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu (11/12/2021). JIS dirancang dengan tata cahaya sesuai standar FIFA, sehingga selain untuk pertandingan sepak bola juga siap untuk berbagai acara hiburan seperti konser musik, dan pembangunannya sudah mendekati 90 persen yakni 87,85 persen. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.
Jakarta International Stadium. (Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Jakarta -

Tiga klub Spanyol, yakni Real Madrid U18, Atletico Madrid U18, dan Barcelona U18, batal lagi berlaga di Jakarta International Stadium (JIS). Laga yang seharusnya dimulai 6 Februari ini tertunda karena kasus Omicron naik.

Tertundanya laga tiga klub besar Spanyol itu sudah dua kali. Tiga klub itu rencananya berlaga dalam International Youth Championship (IYC). Nantinya tiga klub itu akan bertanding dalam turnamen bersama Indonesia All Star.

Rencana tiga klub Eropa bertanding di JIS diumumkan pada November 2021. Kompetisi tersebut awalnya digelar di Bali dan Jakarta. Jakarta akan menjadi penyelenggara laga Final.

Mulanya pertandingan babak penyisihan dijadwalkan pada 4-8 Desember 2021 di Stadion Kapten I Wayan Dipta di Provinsi Bali. Kemudian, pertandingan final pada 11 Desember 2021 di Jakarta International Stadion (JIS).

Alasan pertandingan final digelar di Jakarta untuk memperkenalkan JIS sebagai ikon Ibu Kota. Nantinya, pertandingan final akan berbarengan dengan soft launching JIS.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat itu mengatakan digelarnya turnamen Internasional di Jakarta memberikan sinyal kepada dunia bahwa pandemi COVID-19 di RI terkendali.

"Kami senang sekali Bali dan Jakarta terus bermitra, berkolaborasi jadi event internasional. Karena dua tempat ini jadi pintu gerbang Indonesia ke dunia dan dunia ke Indonesia. Harapannya bukan sekadar event internasional, tapi mengirimkan pesan bahwa Indonesia aman dan terkendali kondisi pandemi," kata Anies, Kamis (18/11/2021).

Batal Digelar Desember 2021

Tiga klub asal Spanyol itu mulanya dijadwalkan berlaga dalam International Youth Championship (IYC) di Bali dan Jakarta pada 4-11 Desember 2021. Namun pemerintah RI memberlakukan pembatasan masuknya orang asing ke luar negeri demi mencegah varian Omicron.

"Terkait pelaksanaan IYC 2021 yang sedianya diselenggarakan pada tanggal 4-11 Desember 2021 di Bali dan di Jakarta sesuai dengan arah kebijakan pemerintah RI telah diputuskan bahwa seluruh kegiatan olahraga dan kegiatan kebudayaan yang melibatkan orang asing dan berpotensi melibatkan orang banyak tidak diperbolehkan sementara ini," kata Anies dalam konferensi virtual, Jumat (3/12/2021).

Anies mengatakan pihaknya akan mendukung langkah pemerintah pusat dalam membatasi kegiatan yang mengundang kerumunan sehingga berpotensi menularkan COVID-19. Untuk itu, seluruh rangkaian kegiatan turnamen sepakbola hingga soft launching JIS akan ditangguhkan sampai situasi terkendali.

"Termasuk di dalamnya adalah penangguhan soft launching JIS sampai dengan situasi pandemi dan penyebaran virus varian Omicron telah lebih terkendali dan lebih dapat diprediksi," jelasnya.

Lihat juga video 'Akui JIS Keren, Ridwan Kamil Beri Dua Jempol buat Anies':

[Gambas:Video 20detik]