ADVERTISEMENT

#detiktif

Pengguna Mobil Ini Culik-Curi Emas Nenek Imoh Rp 180 Juta, Kamu Punya Info?

Bima Bagaskara - detikNews
Kamis, 03 Feb 2022 17:37 WIB
Penampakan Mobil Penculik Nenek di Majalengka
Mobil yang digunakan pelaku menculik dan mencuri emas milik nenek di Majalengka. Foto ini diabadikan warga yang kebetulan berada di tempat kejadian. (Foto: dok. Istimewa)
Majalengka -

Nenek Imoh (86), warga Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, diduga menjadi korban penculikan dan pencurian emas 160 gram atau senilai Rp 180 juta. Mobil yang diduga dipakai penculik sempat terekam kamera foto warga. Siapa pemilik mobil itu?

Cerita bermula ketika Nenek Imoh sedang berdiri di pinggir jalan raya tak jauh dari rumahnya pada Rabu (2/2/2022) pukul 07.15 WIB. Nenek Imoh lalu dimasukkan ke dalam mobil oleh orang tak dikenal.

"Jadi kemarin pagi Nenek dibawa orang tidak dikenal dan dimasukkan ke mobil," kata Deden Purbaya, keponakan Nenek Imoh, saat diwawancarai, Kamis (3/2/2022).

Keluarga lalu mencari ke beberapa tempat. Sekitar pukul 11.45 WIB, Deden mendapat kabar Nenek Imoh sudah berada di rumah.

"Terus jam 11 itu Nenek ada yang ngantar pakai ojek ke rumah lagi. Sebelumnya diturunkan ke Terminal Rajagaluh," ujarnya.

Namun ternyata perhiasan Nenek Imoh berupa kalung dan gelang emas seberat 160 gram raib. Deden menduga perhiasan tersebut diambil oleh para penculik.

"Sampai di rumah, perhiasannya nggak ada, kurang-lebih 160 gram emas atau kalau diuangkan itu Rp 180 jutaan. Tapi alhamdulillah Nenek nggak kenapa-kenapa," jelas Deden.

Menurut Deden, saat kejadian, ada warga yang sempat mengambil foto mobil dan pria bertopi yang diduga merupakan salah seorang pelaku. Dari foto itu diketahui mobil yang digunakan untuk menculik Nenek Imoh.

"Ada warga yang foto mobilnya. Soalnya, dikira itu lagi nunggu keluarga Nenek Imoh. Nah, pas Nenek masuk ke mobil, si mobil ini diam ada 10 menit mah, baru jalan setelah itu," ucap Deden.

"Terus kata Nenek itu, di dalam mobil ada empat orang dan masih muda katanya," ujarnya menambahkan.

Berdasarkan foto, mobil Daihatsu Terios warna silver tersebut bernomor polisi B-2077-SYA. Dalam foto itu terlihat seorang pria bertopi yang diduga bagian dari kawanan pelaku.

Kasat Reskrim Polres Majalengka AKP Febri A Simosir mengatakan pihaknya masih menyelidiki identitas pemilik mobil tersebut. Penyelidikan awal, mobil tersebut diketahui merupakan hasil lelang.

"Mobil hasil lelang leasing, jadi masih didalami siapa pemegang terakhirnya," kata Febri saat dimintai konfirmasi detikcom, Kamis (3/2/2022).

Febri mengungkapkan pelat nomor mobil tersebut terdata di kepolisian. "Pelat asli sesuai sama mobil," ucap Febri.

#detiktif adalah program jurnalisme kolaboratif yang melibatkan peran serta pembaca detikcom atau detikers. Pembaca bisa terlibat aktif memberikan informasi suatu isu yang sedang diberitakan #detiktif. Anda yang punya informasi terkait pemberitaan #detiktif bisa berbagi informasi ke redaksi@detikcom dengan subjek "[detiktif] isu yang diberitakan". Sertakan nomor telepon yang bisa dihubungi untuk keperluan verifikasi.

(idh/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT