MAKI Serahkan SGD 100 Ribu soal 'King Maker' Djoko Tjandra ke Kas Negara

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Kamis, 03 Feb 2022 14:05 WIB
Koordinator MAKI Boyamin Saiman
Koordinator MAKI Boyamin Saiman (Foto: Azhar/detikcom)
Jakarta -

Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman mendatangi KPK. Dia datang ke KPK bertujuan untuk menyerahkan surat kuasa untuk mewakili penyerahan uang diduga terkait 'king maker' kasus suap Djoko Tjandra sebesar SGD 100 ribu ke kas negara.

"Menyerahkan surat kuasa kepada KPK dari Boyamin untuk mewakili penyerahan uang 100 ribu Dollar Singapura yang kira-kira Rp 1 miliar lebih sedikit, yang terkait dengan king maker terkait kasus Djoko Tjandra. Meskipun saya agak kecewa uang ini hanya diberlakukan sebagai uang yang diserahkan kepada negara sebagai pendapatan lain-lain," kata Boyamin di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis (3/2/2022).

Boyamin berharap sebenarnya uang itu bisa dilacak sebagai uang gratifikasi. Namun, dia mendapatkan respons bahwa KPK tidak bisa melanjutkan penyidikan karena kasus sudah disidangkan dari hasil penyidikan Bareskrim Polri maupun Kejaksaan Agung RI.

"Saya tadinya kan berharap ini sebagai gratifikasi, kalau gratifikasi kan dilacak sampai siapa yang memberi dan siapa yang berkepentingan, tapi KPK berdalih bahwa karena kasusnya sudah disidangkan dari penyidikan Bareskrim maupun Kejaksaan Agung maka KPK tidak bisa meneruskan," ujarnya.

Selanjutnya, Boyamin merasa kecewa sosok king maker belum bisa terungkap. Dia masih bersikukuh mengajukan praperadilan untuk segera mengungkap sosok tersebut.

"Terus terang saja kecewa mestinya masih bisa dicari pelaku lain yaitu king maker dan beberapa orang yang lainnya yang yang disebut 'bapaku bapakmu' masih banyak ya," ucapnya.

"Tapi ya yang penting ini uang masuk ke kas negara dulu nah soal nanti saya kemudian seperti biasa akan mengajukan gugatan praperadilan melawan Kejaksaan Agung, kepolisian dan KPK khususnya KPK karena tidak mengejar king maker sosok bapaku bapakmu," tambahnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya: