ADVERTISEMENT

Viral Pencuri Gondol Pagar Besi Rumah Kosong di Depok, Begini Kejadiannya

Dwi Rahmawati - detikNews
Rabu, 02 Feb 2022 22:56 WIB
Viral Pencuri Gondol Pagar Besi Rumah Kosong di Depok, Begini Kejadiannya
Rumah yang jadi sasaran pencurian pagar di Depok. (Dwi Rahmawati/detikcom)
Depol -

Aksi pencurian pagar di Perumahan Mekar Perdana, Sukmajaya, Depok, viral di media sosial. Pelaku berjumlah dua orang berboncengan terpantau lewat CCTV di lokasi.

Dalam rekaman video, terlihat dua laki-laki berboncengan motor sambil membawa pagar. Pagar besi itu dicuri dari sebuah rumah kosong alias tidak berpenghuni.

Saat ditelusuri ke lokasi kejadian, rumah kosong yang jadi sasaran maling itu kini sudah berpagar. Pagar rumah bercat putih itu dalam keadaan terkunci.

Ketua RT 06 RW 22 Abadijaya, Sukmajaya, Agus Priyadno, membenarkan kejadian tersebut. Pencurian itu berlangsung pada Kamis (27/1/2022), sekitar pukul 15.30 WIB.

"Benar, kita melapor ke RW kalau ada kehilangan pagar di wilayah RT 06, RW langsung menindaklanjuti," kata Agus Priyadno saat ditemui di lokasi, Rabu (2/2).

Agus mengatakan pencurian serupa terjadi di wilayah RT lainnya. Pencurian tersebut terjadi di hari yang sama.

"Setelah kita melapor nggak tahunya (warga) RT 02 kehilangan pagar juga, itu sama rumah kosong juga," tutur Agus.

Kemudian, penjaga rumah di RT 02 mencari pagar yang hilang di lapak barang rongsokan. Setelah ditemukan, ia langsung melapor ke RW untuk ditindak lanjuti.

"Di situ (tempat rongsok) ditanyain 'ada nggak CCTV-nya?' Dia ada benar, sesuai dengan yang RT 06, sama orangnya," kata Agus.

Warga dan pihak keamanan lingkungan tidak mencurigai aksi pelaku. Sebab, pelaku memasang tulisan 'las' pada motornya.

"Nyuri pagar itu aneh banget. Siang-siang lagi, nggak ada yang ngeh kalau itu pencuri dikira orang (sudah) menjual. Nggak curiga (pakai) motor tukang las," imbuh Agus.

Menurut Agus, pengepul barang juga tak mengetahui bahwa pagar merupakan barang curian dan langsung diterima. Namun, lanjut Agus, ada kemungkinan mereka juga tak ingin dianggap sebagai penadah.

Karena pelaku belum ditangkap, untuk sekarang pihak lapak yang mengganti kerugian. permasalahan pun menurutnya sudah selesai, tak ada tuntutan dari pemilik rumah.

"Kalau kita anggapnya sudah selesai karena dikembalikan lagi. Dua hari setelahnya dikembalikan. Sebenarnya nggak ada tuntutan dari yang punya, kemarin sudah telepon," imbuhnya.

(mea/mea)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT