Black Friday Artinya Apa? Ini Sejarah di Baliknya

Salma Rafifa Aprillya - detikNews
Jumat, 26 Nov 2021 15:42 WIB
Black Friday Artinya Apa? Ini Sejarah di Baliknya
Black Friday Artinya Apa? Ini Sejarah di Baliknya -- ilustrasi (Foto: Shutterstock)
Jakarta -

Black Friday artinya apa menjadi pertanyaan yang banyak dicari masyarakat saat ini. Black Friday merupakan salah satu acara hari belanja terbesar di Amerika.

Tiap tahunnya warga Amerika ikut serta dalam Black Friday ini. Hal ini menjadikan Black Friday sebagai hari belanja terbesar di Amerika.

Lalu, Black Friday artinya apa? simak informasi mengenai Black Friday artinya apa yang sudah kami rangkum berikut ini.

Black Friday Artinya Apa? Ini Jawabannya

Menjawab pertanyaan Black Friday artinya apa, Dilansir dari Telegraph, Black Friday atau Jumat Hitam merupakan hari belanja terbesar di Amerika. Setiap tahunnya Black Friday ini menyediakan berbagai penawaran diskon dari sejumlah toko.

Toko-toko di Amerika mencatat keuntungan rincian akuntansi mereka dengan tinta warna hitam dan kerugian dengan warna merah. Banyaknya keuntungan yang didapat membuat hari ini disebut sebagai Black Friday.

Berdasarkan data dari Adobe Analytics, konsumen AS menghabiskan sekitar 9,03 miliar dollar pada Black Friday 2020. Hot Wheels, Super Mario 3D All-Stars, dan Animal Crossing menjadi peringkat teratas sebagai tiga produk terlaris yang terjual secara online.

Black Friday jatuh sehari setelah Thanksgiving. Tahun ini, Thanksgiving jatuh pada hari Kamis, 25 November, hal ini berarti Black Friday jatuh pada tanggal 26 November 2021.

Awal Mula Istilah Black Friday

Mulanya, istilah Black Friday berkaitan dengan krisis keuangan. Pada Jumat 24 September 1869, pasar emas Amerika turun harga yang membuat Wall Street bangkrut. Hal itu yang disebut "Black Friday"

Lalu dalam kehancuran Wall Street di tahun 1929, Bursa Efek New York itu kehilangan 6,3 persen nilainya dalam satu hari, diikuti oleh 12,8 persen dan 11,8 persen pada hari-hari berikutnya. Peristiwa tersebut terjadi dalam 3 hari, Jumat, Senin dan Selasa.

Lalu, peristiwa tersebut dikenal sebagai:

  1. Black Friday
  2. Black Monday
  3. Black Tuesday

Black Friday baru menjadi istilah populer dalam dunia belanja pada tahun 1950an. Black Friday menjadi momen para pengusaha toko untuk menawarkan diskon dan meningkatkan keuntungan mereka.

Kini Black Friday artinya apa sudah diketahui. Simak ulasan lainnya di halaman selanjutnya.