Ketua Dewan Pers: UKW Jadi Syarat Kalau Mau Tingkatkan Kualitas Dunia Pers

Farih Maulana Sidik - detikNews
Rabu, 02 Feb 2022 16:49 WIB
Prof M. Nuh (Ketua Dewan Pers) 
Komisaris Utama Bank Mega Syariah
Ketua Dewan Pers Muhammad Nuh (Iswahyudi 20detik)
Jakarta -

Ketua Dewan Pers Muhammad Nuh menyebut kompleksitas dunia pers ke depan akan semakin rumit. Sebab, ilmu pengetahuan akan terus berkembang.

"Kehidupan itu kalau ilmu pengetahuannya nggak ada, ya selesai. Oleh karena itu, ke depan, yakinlah semakin kompleks kehidupan ini, termasuk apa yang dihadapi oleh dunia pers," kata M Nuh dalam konferensi virtual, Rabu (2/2/2022).

M Nuh secara khusus berpesan kepada semua pihak yang berkecimpung di dunia pers agar selalu meningkatkan kualitas dunia pers Tanah Air. Satu syarat yang disinggung M Nuh agar kualitas dunia pers RI baik adalah uji kompetensi wartawan (UKW).

"Sudahlah... UKW itu menjadi syarat kalau kita mau meningkatkan kualitas dunia pers kita. UKW menjadi syarat dan konten UKW juga harus di-upgrade terus sesuai dengan perkembangan zaman," ucapnya.

Dia menginginkan setiap insan pers tidak hanya memiliki pengetahuan yang luas. Namun, kata dia, dari apa yang diketahui insan pers itu penting untuk mendalaminya hingga ke akar-akarnya.

"Tapi ada juga yang kaitannya dengan pendalaman, karena persoalan sudah muncul tapi kompleksitasnya lebih dalam. Karena itu, nggak cukup kita hanya memperluas cakupan, tapi kita juga harus memperdalam kedalaman dari ilmunya sendiri. Itulah kira-kira yang terkait dengan spesialis," ujarnya.

"Wartawan spesialis itu adalah wartawan yang masuk ke dalamnya lebih jauh di banding dengan perluasan, yaitu wartawan generalis, apa saja tahu, tapi tahunya ya sedikit-sedikit. Nah, kita ingin ada wartawan tahu di satu titik tapi sampai dalam akar-akarnya dia pun juga tahu," imbuhnya.

(fas/tor)