Ditangkap Polisi, Ini Deretan Kontroversi Adam Deni

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 02 Feb 2022 15:43 WIB
Adam Deni (tengah) usai menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya
Adam Deni (tengah) setelah menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya (WIldan/detikcom)
Jakarta -

Pegiat media sosial Adam Deni ditangkap Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri. Sebelum ditangkap, Adam Deni dikenal kerap menuai kontroversi.

Sebagaimana diketahui, Adam Deni ditangkap atas laporan polisi (LP) yang dibuat oleh seseorang berinisial SYD. Adam Deni ditangkap karena postingan dokumen elektronik di media sosial. Dia dijerat UU ITE.

"Diamankan oleh Dittipidsiber Bareskrim Polri atas tindak pidana melakukan upload dokumen elektronik pribadi tanpa seizin pemilik sebagaimana dimaksud pada Pasal 48 ayat 1, 2, dan 3 juncto Pasal 32 ayat 1, 2, dan 3 UU ITE," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan dalam jumpa pers di kantornya, Rabu (2/2/2022).

Untuk itu, Ramadhan mengimbau kepada masyarakat agar tidak mengambil data pribadi orang lain lalu mengunggahnya di media sosial.

Untuk diketahui, nama Adam Deni ini mencuat setelah melaporkan musisi Jerinx 'SID'. Adam Deni melaporkan Jerinx atas kasus pengancaman melalui media elektronik.

Selain perseteruan dengan Jerinx, Adam Deni juga pernah membuat sejumlah kontroversi. Berikut ini daftarnya:

1. Berseteru dengan Jerinx

Nama Adam Deni awalnya menjadi ramai diperbincangkan setelah berseteru dengan Adam Deni dan I Gede Ari Astina alias Jerinx 'SID'. Dalam kasus ini, Adam Deni melaporkan Jerinx atas dugaan pengancaman.

Adam Deni melaporkan Jerinx ke polisi dan menyerahkan bukti-bukti soal pengancaman Jerinx.

"Tentunya ada bukti rekaman ya. Bukti chat dan capture seperti itu," kata pengacara Adam Deni, Machi Ahmad, di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (14/7/2021).


2. Berseteru dengan Pengacara Jerinx

Adam Deni kemudian juga berseteru dengan pengacara Jerinx 'SID', Sugeng Teguh Santoso. Perseteruan Adam Deni dengan Sugeng Teguh Santoso berawal dari pernyataan Sugeng yang menyebut Adam Deni sempat meminta uang Rp 10 miliar ke Jerinx. Permintaan itu digunakan sebagai syarat agar Adam Deni mencabut laporannya kepada Jerinx.

Bukan hanya itu, Sugeng pun kembali mengeluarkan pernyataan terkait Adam Deni. Dia menuding ada sosok 'bos kuat' di belakang Adam Deni.

Simak juga Video: Komentar Adam Deni soal Foto Diduga Dirinya Hina Presiden

[Gambas:Video 20detik]