Batal di Bali, Seluruh Pertandingan Real Madrid-Barcelona Digelar di JIS

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 27 Jan 2022 17:01 WIB
Suasana pencahayaan Jakarta International Stadium (JIS)  di Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu (11/12/2021). JIS dirancang dengan tata cahaya sesuai standar FIFA, sehingga selain untuk pertandingan sepak bola juga siap untuk berbagai acara hiburan seperti konser musik, dan pembangunannya sudah mendekati 90 persen yakni 87,85 persen. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.
Suasana pencahayaan Jakarta International Stadium (JIS). (Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Jakarta -

Event International Youth Championship (IYC) batal digelar di Bali pada Februari mendatang. Seluruh rangkaian pertandingan yang menampilkan tim muda klub raksasa Spanyol bersama Indonesia All Star bakal dialihkan ke Jakarta International Stadium (JIS).

"Nggak, (pertandingan) di Jakarta semua. Karena merepotkan kan kalau begitu, karena pengangkutan dalam kondisi COVID begitu kan bahaya juga kalau ada dua kota," kata Direktur Utama Jakpro Widi Amanasto saat dikonfirmasi, Kamis (27/1/2022).

Pertandingan ini awalnya akan digelar di Bali dan Jakarta. Widi mengatakan keputusan ini diambil usai penyelenggara menggelar rapat bersama pemerintah pusat dengan mempertimbangkan kondisi pandemi COVID-19 di RI. Widi juga menambahkan nantinya pertandingan di JIS akan digelar tanpa penonton.

"Karena kegiatan ini kan untuk Indonesia juga ya, agar nama Indonesia baik," jelasnya.

"Jadi kesiapan JIS itu Jakpro semua, tapi kesiapan pertandingan itu ada di JXP. kita support JXP dari sisi venue. (Pertandingan) nggak ada penonton, hanya kru-kru saja," tambahnya.

Dikonfirmasi terpisah, Chairman Pancoran Soccer Field Gede Widiade menyampaikan rencananya, laga Real Madrid U18, Atletico Madrid U18, dan Barcelona U18 dijadwalkan pada 6-12 Februari 2022. Saat ini, pihak tengah menunggu kepastian kondisi COVID-19 di Spanyol.

"Hari ini, sudah disetujui Menko Marves, Menpora, Menkes sudah semua, tinggal sekarang semua sudah siap, prokes sudah siap. Tinggal nunggu kepastian kondisi Omicron di Spanyol, Eropa sama di kita. Doakan ya," ujar Gede.

"Karena melihat kondisi tidak memungkinkan di dua lokasi, sementara lebih efektif efisien juga lebih mudah monitoring-nya, tahun ini kita alokasikan ke Jakarta," sambungnya.

Gede mengklaim pertandingan ini merupakan event tahunan dan tidak dikomersialkan. Menurutnya, penyelenggaraan pertandingan sepakbola ini semata-mata untuk menunjukkan penanganan COVID-19 di RI yang baik sekaligus memperkenalkan Jakarta International Stadion (JIS) di kancah dunia.

"Karena memang buka komersil, tapi bersifat charity, menginformasikan mengenai penanganan COVID yang bagus di RI dan launching JIS. Itu aja. Ini bukan rencana komersil dan ini rutin tahunan kok," tegasnya.

Sebagaimana diketahui, event IYC sempat tertunda karena antisipasi varian Omicron di RI. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat itu mengatakan pihaknya akan mendukung langkah pemerintah pusat dalam membatasi kegiatan yang mengundang kerumunan hingga berpotensi menularkan COVID-19.

"Termasuk di dalamnya adalah penangguhan soft launching JIS sampai situasi pandemi dan penyebaran virus varian Omicron telah lebih terkendali dan lebih dapat diprediksi," kata Anies dalam konferensi virtual, Jumat (3/12/2021).

Tiga klub asal Spanyol itu mulanya dijadwalkan berlaga dalam International Youth Championship (IYC) di Bali dan Jakarta pada 4-11 Desember 2021. Namun pemerintah RI memberlakukan pembatasan masuknya orang asing ke dalam negeri demi mencegah varian Omicron.

(taa/idn)