Tokohkan Salim Segaf Al-Jufri, Presiden PKS Cari Koalisi Capres 2024

Nahda Rizki Utami - detikNews
Senin, 31 Jan 2022 18:46 WIB
Presiden PKS Ahmad Syiakhu
Presiden PKS Ahmad Syiakhu (Screenshot YouTube CSIS Indonesia)
Jakarta -

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) siap memperjuangkan Ketua Majelis Syuro Habib Salim Segaf Al-Jufri sebagai tokoh nasional. PKS fokus mencari partai politik koalisi capres-cawapres di Pilpres 2024 nanti.

Presiden PKS Ahmad Syaikhu mulanya mengatakan saat ini PKS belum menyatakan secara resmi mendukung siapa yang akan diusung pada Pilpres 2024 nanti.

"Kalau dalam sampai hari ini belum ada capres-cawapres dari PKS, tapi kami tetap menokohkan Habib Salim sebagai tokoh sosok PKS, tokoh nasional PKS," kata Ahmad Syaikhu di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Senin, (31/1/2022).

"Mudah-mudahan ini menjadi bagian untuk merekatkan, menyatukan tokoh bangsa yang muncul dari PKS sambil kita juga berusaha untuk memunculkan capres-cawapres," sambungnya.

Syaikhu juga menyebutkan PKS tidak bisa mengusung sendiri pasangan calon capres-cawapres sendirian untuk Pilpres 2024. Oleh sebab itu, PKS mencari partai untuk berkoalisi.

"Kami menyadari bahwa PKS ini perolehannya baru 8,21 persen. Jadi tidak bisa dengan presidential threshold 20 persen tidak bisa mencalonkan sendiri. Oleh karena itu, perlu koalisi," jelas Syaikhu.

"Dalam kaitannya inilah kita berusaha untuk mencoba mencari partai koalisi terlebih dahulu baru setelah itu kita akan menyepakati capres-cawapres siapa yang akan bertokohkan bersama oleh partai koalisi," imbuhnya.

(rfs/rfs)