Anak Haji Lulung Doakan Anies Jadi Presiden, PAN Bersikap Begini

Eva Safitri - detikNews
Senin, 31 Jan 2022 12:59 WIB
Viva Yoga Mauladi
Viva Yoga Mauladi (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Putra almarhum Haji Lulung, Guruh Tirta Lunggana, yang merupakan anggota DPRD DKI Fraksi PAN, mendoakan Gubernur DKI Anies Baswedan jadi presiden. PAN menilai wajar karena adanya kedekatan keluarga Haji Lulung dengan Anies.

"Haji Lulung sekeluarga adalah salah seorang pendukung Mas Anies Baswedan menjadi Gubernur DKI. Di putaran ke-2 Pilkada DKI, PAN juga mendukung Mas Anies," kata Waketum PAN Viva Yoga kepada wartawan, Senin (31/1/2022).

"Sangat wajar dan dapat dimengerti jika keluarga Haji Lulung yang diwakili oleh Tirta Lunggana (anggota DPRD DKI fraksi PAN) mendukung Mas Anies menjadi capres di pemilu 2024, karena hubungan dekat dan soal visi Mas Anies," lanjutnya.

Sementara itu, Viva menegaskan PAN belum menentukan sikap terkait capres 2024. Dia mengatakan hal itu menjadi kewenangan Ketua Umum Zulkifli Hasan untuk menentukan strategi pada pilpres 2024.

"Untuk penetapan pasangan calon presiden/ wakil presiden di pemilu 2024, di forum Rakernas I tahun 2021 telah memutuskan untuk memberi kewenangan kepada Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan, menentukan langkah-langkah strategis di pilpres untuk memberi manfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara," ujarnya.

Sebelumnya, doa Guruh Tirta terkait Anies presiden itu dilontarkan pada acara istigasah dan doa bersama almarhum Haji Lulung. Guruh Tirta sebagai perwakilan dari keluarga. Anies turut hadir dalam cara itu.

Guruh Tirta Lunggana memberikan sambutan pertama kali dalam acara itu. Anggota DPRD DKI Jakarta itu awalnya menyapa sejumlah tokoh yang hadir, termasuk Anies Baswedan, yang duduk di atas panggung.

"Yang terhormat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan," kata Guruh, Minggu (30/1/2022).

Sapaan Guruh lantas disambut tepuk tangan seluruh tamu undangan dan simpatisan. Dia lantas melontarkan doa supaya Anies menjadi presiden pada 2024, yang diaminkan seluruh simpatisan PPP.

"Semoga jadi presiden," ucap Guruh.

"Amin," balas simpatisan.

Simak Video 'Momen Mesra Zulhas Gandeng Erick Thohir, Anies hingga RK':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/maa)