Gelar Rakernas, Relawan Ganjar Dukung Pemindahan Ibu Kota Negara Baru

Zefanya Aprilia - detikNews
Sabtu, 29 Jan 2022 14:49 WIB
Rakernas Relawan Ganjar Pranowo di Bali
Foto: Istimewa
Jakarta - Relawan Ganjar Pranowo 'Sahabat Ganjar' menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pertamanya bersama seluruh perwakilan DPW dari 34 provinsi se-Indonesia di Hotel Sanur, Bali. Salah satu yang dibahas adalah menyatakan dukungan terhadap pemindahan Ibu Kota Negara (IKN).

Dewan Pembina Sahabat Ganjar, KH Khayatul Makky menyampaikan pernyataan dukungan tersebut. Menurutnya, dengan adanya pemindahan IKN dapat menghilangkan ketimpangan pemerataan antarpulau.

"Kami dukung pemindahan IKN baru untuk wujudkan keadilan bagi masyarakat. Tidak berfokus di Jawa saja. Pemindahan IKN ini dapat memajukan perekonomian Kalimantan, sehingga tidak terjadi ketimpangan pemerataan antara Pulau Jawa dan Pulau Kalimantan," ujar Gus Khayat, sapaannya, dalam keterangan tertulis, Sabtu (29/1/2022).

Pada kesempatan yang sama, Sahabat Ganjar juga melakukan implementasi teknologi digital melalui aplikasi Smart Volunteer. Hal ini menjadikan Sahabat Ganjar sebagai relawan pertama di Indonesia yang terintegrasi dengan teknologi digital.

Maka dari itu, mereka juga mendukung adanya Perpres No. 33 tahun 2021 Tentang Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Lantas Indonesia dapat meningkatkan kualitas riset dan teknologi yang saat ini sedang digencarkan pemerintah.

"Saya dan teman-teman DPW sampai DPC kota dan kabupaten, berharap dengan adanya rakernas pertama, menjadi tonggak bagi kita semua dalam melangkah ke depan, khususnya dalam mendukung adanya Perpres mengenai BRIN," ucap Gus Khayat.

Sahabat Ganjar berharap, jika Ganjar Pranowo terpilih sebagai Presiden RI 2024 mendatang, mereka telah meletakkan langkah awal dalam mewujudkan Indonesia yang mengedepankan teknologi dan siap bersaing di bidang digital.

"Dengan adanya Rakernas pertama relawan yang berbasis teknologi ini, kami telah membuktikan bahwa kami sebagai relawan bisa melek terhadap teknologi digital. Yang mana telah mengubah pola keseharian kita," sambung dia.

Terakhir, Gus Khayat mengatakan rakernas Sahabat Ganjar bukan hanya sekedar rapat relawan biasa. Melainkan juga ikut dalam memajukan program-program pemerintah untuk kemajuan di bidang teknologi, inovasi, serta kesejahteraan masyarakat. (ncm/ega)