Waspada Modus Pemerasan, Pria Ini Viral Pura-pura Kaki Terlindas di Jaktim!

Isal Mawardi - detikNews
Jumat, 28 Jan 2022 17:57 WIB
Pelaku modus pura-pura jadi korban tabrak lari di Pasar Rebo, Jakarta Timur (Tangkapan layar)
Pelaku modus pura-pura jadi korban tabrak lari di Pasar Rebo, Jakarta Timur. (Tangkapan Layar)
Jakarta -

Sebuah video yang menampilkan seorang pria dibonceng motor mengejar mobil di Pasar Rebo, Jakarta Timur, viral di media sosial. Pria itu berpura-pura kakinya terlindas mobil dan menuntut pertanggungjawaban.

Dalam video yang beredar, tampak ada 2 pria yang berboncengan sepeda motor. Mereka mengejar sebuah mobil.

Pria yang dibonceng terlihat menunjuk-menunjuk mobil dan bermaksud menghentikannya. Aksi pria mengejar mobil itu rupanya direkam oleh korban yang ada di dalam mobil tersebut.

Tidak lama kemudian, pria itu kemudian turun dari motor dan berlari sambil menyetop mobil dari depan. Ketika sudah sampai di depan mobil, ia tiba-tiba terlihat pincang.

"Lah tadi lari, sekarang begitu," ujar pria di dalam mobil.

Kemudian, pria yang berpura-pura pincang itu terlihat berbicara dengan warga sekitar. Ia juga menunjuk-nunjuk ke arah penumpang mobil.

Pria itu menuduh penumpang mobil menabraknya. Namun hal ini langsung dibantah oleh orang yang ada di dalam mobil.

"Nggak, bohong itu... bohong," kata orang-orang yang berada di dalam mobil.

Polisi Ungkap Modus

Begitu viral, polisi melakukan pengecekan tentang modus tersebut. Diketahui, peristiwa itu terjadi di depan PP Plaza, Pasar Rebo, Jakarta Timur, pada Rabu (26/1/2022).

"(Polisi melakukan) Pengecekan informasi tentang adanya korban modus tabrak lari seolah-olah kaki kelindas ban mobil, pura-pura pincang," ujar Kasat Reskrim Polres Jaktim AKBP Ahsanul Muqaffi dalam keterangannya, Jumat (28/1).

Polisi juga telah memeriksa sejumlah saksi terkait kasus tersebut. Dari keterangan saksi, peristiwa itu terjadi di lampu merah Susu Bendara mengarah lampu merah Tanjung Timur.

"Ada dua orang laki-laki yang tidak dikenal oleh saksi kemudian berlari menuju pengendara Mobil Avanza," ujar Ahsanul.

Di dalam mobil itu, terdapat 1 laki-laki yang mengemudikan mobil dan 2 perempuan sebagai penumpang.

"Pelaku laki-laki yang posisi bonceng lari mengejar mobil Avanza warna hitam menyetop di depan mobil dengan berteriak, menunjuk kaki seolah-olah terlindas mobil yang dikendarai korban," kata Ahsanul.

Namun pengendara lain yang melintas berteriak bahwa pria tersebut berbohong. Warga sekitar kemudian meminta pelaku pergi karena kondisi lalu lintas macet akibat ia menyetop mobil.

"Padahal sebelumnya pelaku lari kencang ke depan mobil, alasannya (meminta pertanggungjawaban) untuk berobat," tuturnya.

Simak juga video 'Modus 'Berani' LSM Tamperak Datangi Instansi Polri-Kementerian':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/mei)