Jokowi Minta Fasilitas Kesehatan Fokus Tangani Pasien COVID Gejala Berat

Zunita Putri - detikNews
Jumat, 28 Jan 2022 17:16 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Foto: dok. Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat tidak panik jika terdeteksi positif Corona (COVID-19). Jokowi juga mengimbau pasien yang bergejala ringan melakukan isolasi mandiri.

"Ketika hasil tes PCR Saudara positif tanpa ada gejala, silakan melakukan isolasi mandiri di rumah selama lima hari. Bila ada gejala batuk, pilek, atau gejala demam, silakan gunakan layanan telemedicine atau ke puskesmas atau dokter terdekat," ujar Jokowi saat konferensi pers, Jumat (28/1/2022).

Jokowi mengatakan penting jika pasien gejala ringan tidak dirawat di rumah sakit. Dengan begitu, kata Jokowi, rumah sakit bisa berfokus pada pasien dengan gejala berat.

"Dengan demikian, beban fasilitas kesehatan dari puskesmas sampai rumah sakit bisa berkurang. Ini penting agar fasilitas kesehatan kita dapat lebih fokus menangani pasien dengan gejala berat maupun pasien penyakit lain yang membutuhkan layanan intensif," ucap Jokowi.

Terakhir, Jokowi mengimbau masyarakat tetap tenang dan mengurangi aktivitas di luar rumah. Dia juga meminta masyarakat memperhatikan betul kesehatannya.

(zap/imk)