detikcom Do Your Magic

JPO Tipar Cakung Rusak, Anggota DPRD DKI Harap Pemprov Peka

Arief Ikhsanudin - detikNews
Jumat, 28 Jan 2022 15:28 WIB
JPO Tipar Cakung, Jakarta Timur, rusak, Minggu (21/1/2022).
Foto: Marteen Ronaldo/detikcom
Jakarta -

Anggota DPRD DKI dari Daerah Pemilihan (Dapil) 4, Jakarta Timur, meminta pemerintah peka terhadap perbaikan jembatan penyeberangan orang (JPO). Khususnya JPO rusak di Jl Raya Bekasi, Tipar Cakung, Jakarta Timur.

"Pemda harus peka dan sigap. Pembangunan itu bukan cuma kuratif, tapi juga harus preventif," ucap Rio Sambodo saat dihubungi, Jumat (28/1/2022).

Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) itu menyebut perbaikan dan pemeliharaan JPO penting dilakukan. Dia menyatakan telah berulang kali mengingatkan pemerintah soal itu.

"Sudah diingatkan Dewan dalam beberapa kali kesempatan," katanya.

"JPO sangat dibutuhkan, apalagi pada lalu lintas yang lumayan padat, seperti di Jl Raya Bekasi," ucapnya.

JPO Tipar Cakung berdekatan dengan Halte TransJakarta Tipar Cakung yang saat ini tidak beroperasi.

"Meski operasionalisasi dan integrasi dengan halte busway sudah tidak berfungsi. Namun, sebagai fungsi JPO, masih tetap diperlukan," katanya.

Rio menilai masih perlu tambahan JPO sepanjang Jl Raya Bekasi Cakung. "Pembangunan JPO juga harus tetap memperhatikan Faktor Fungsi, Daya Tahan dan Estetika," katanya.

Sebelumnya, diketahui JPO Tipar Cakung, Jakarta Timur, rusak. Pagar di JPO tersebut sebagian besar sudah hilang.

Pantauan detikcom di lokasi, Jumat (21/1), pada bagian JPO yang mengarah ke Bekasi, sudah tidak ada pagar pengaman di tangga naik. Beberapa bagian atap lepas.

JPO itu sudah ditutup. Ada pelat besi menutup akses menggunakan JPO. Terdapat kertas bertulisan 'Mohon maaf JPO Tipar Cakung ditutup karena pembangunan 6 ruas jalan tol, dan demi keselamatan pengguna JPO. Terima kasih'.

JPO itu berada di bawah tol layang Tol Kelapa Gading-Pulogebang. Pembangunan tol sudah selesai, dan tol sudah beroperasi.

(aik/tor)