38 Rumah Terbakar, Begini Kondisi Permukiman Padat di Mangga Dua Jakpus

Anggi Muliawati - detikNews
Jumat, 28 Jan 2022 12:44 WIB
Puluhan rumah terbakar di Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat (Jakpus). Kebakaran itu juga menyebabkan 3 orang terluka. (Anggi Muliawati/detikcom)
Foto: Puluhan rumah terbakar di Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat (Jakpus). Kebakaran itu juga menyebabkan 3 orang terluka. (Anggi Muliawati/detikcom)
Jakarta -

Puluhan rumah di Mangga Dua Selatan, Sawah Besar Jakarta Pusat (Jakpus) terbakar. Rumah-rumah yang terbakar itu berada di kawasan permukiman padat.

Pantauan detikcom, Jumat (28/1/2022) pukul 11.50 WIB, di lokasi kebakaran, lingkungan tersebut cukup padat oleh bangunan-bangunan.

Puluhan rumah yang terbakar itu berlokasi di Jalan Pangeran Jayakarta (Budi Rahayu 1), Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakpus. Kebakaran terjadi pada Kamis (27/1) sekitar pukul 22.45 WIB.

Kondisi padatnya permukiman sempat menjadi salah satu kendala petugas pemadam kebakaran (damkar) untuk memadamkan api.

Puluhan rumah terbakar di Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat (Jakpus). Kebakaran itu juga menyebabkan 3 orang terluka. (Anggi Muliawati/detikcom)Puluhan rumah terbakar di Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat (Jakpus). Kebakaran itu juga menyebabkan 3 orang terluka. (Anggi Muliawati/detikcom)

Dari gerbang wilayah RW 09, jalanan terlihat masih besar. Namun saat memasuki lokasi kebakaran jalanan semakin terlihat kecil, sehingga hanya bisa dilalui sepeda motor.

Rumah-rumah warga yang terbakar terlihat berdempetan. Kondisi ini diduga juga membuat kebakaran api mudah merembet.

Ketua RT 05 Azwaruddin mengatakan khusus RT 05 ada tiga rumah yang terdampak dalam kebakaran tersebut. Dia mengatakan tidak ada korban jiwa.

"Yang dua rumah jadi satu, itu kos-kosan sama rumah, terus satu rumah lagi. Alhamdulillah nggak ada korban jiwa," kata Azwaruddin saat ditemui di lokasi.

Sementara itu, Ketua RT 06 Nurjanah mengatakan kurang lebih ada sekitar 22 rumah yang hangus di wilayahnya. Dia mengaku tidak mengetahui jelas kronologi kebakaran tersebut.

Puluhan rumah terbakar di Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat (Jakpus). Kebakaran itu juga menyebabkan 3 orang terluka. (Anggi Muliawati/detikcom)Sebanyak 38 rumah di RW 09 terbakar (Anggi Muliawati/detikcom)

"Ada 22 rumah kayaknya yang ludes kebakar. Kalau kejadiannya saya gak tahu karena posisinya saya lagi tidur terus dibangunin suami," katanya.

Simak kendala pemadaman kebakaran di lokasi yang dihadapi petugas damkar di halaman selanjutnya.