Cak Imin Ungkit Anies Lawan Ahok, Singgung Narasi 'Islam vs Penista'

Eva Safitri - detikNews
Jumat, 28 Jan 2022 11:57 WIB
Cak Imin (dok. Istimewa).
Foto: Cak Imin (dok. Istimewa).
Halmahera Selatan -

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menyinggung Maluku Utara yang berhasil jadi wilayah terbahagia. Muhaimin atau Cak Imin turut menyinggung DKI Jakarta, terutama masa pilkada kemarin.

"Saya tadi diceritakan Bu Ida, Maluku Utara ini sudah berhasil sebelum pembangunan dilaksanakan, kenapa Malut berhasil, telah berhasil menjadi provinsi terbahagia di Indonesia. Makanya saya ketemu Jasri (Ketua DPW PKB Malut) di Jakarta berkali-kali senyum terus karena ternyata dari Maluku ke Jakarta ini membawa kebahagiaan," kata Cak Imin, sapaan akrab Muhaimin, di Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, Jumat (28/1/2022).

Dia mengungkit DKI Jakarta yang berada di peringkat bawah kota bahagia versi BPS. Cak Imin menyinggung Pilkada di DKI saat Anies Baswedan melawan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang menurutnya memakai semua isu.

"Sejak Anies Baswedan kampanye pilkada itu tahun berapa, bersaing melawan Ahok waktu itu, semua isu digunakan, semua cara, kehabisan cara isu agama, suku, China lawan Arab, Islam lawan penista, dan seterusnya. Karena semua senjata keluar. Ternyata ada yang menarik di antara isu yang keluar semuanya habis, ada satu, kunci sukses pembangunan adalah membuat rakyat bahagia," ujar Cak Imin.

Diketahui, Badan Pusat Statistik (BPS) merilis Indeks Kebahagiaan 2021. Hasilnya, Banten menjadi daerah dengan indeks kebahagiaan paling rendah se-Indonesia.

Dilihat dari Indeks Kebahagiaan 2021 yang dirilis BPS, Jumat (31/12/2021), indeks ini diukur lewat survei pengukuran tingkat kebahagiaan (SPTK) yang dilaksanakan 3 tahun sekali.

Pada 2021, tingkat kebahagiaan penduduk Indonesia diukur dari tiga dimensi, yakni kepuasan hidup (life satisfaction), perasaan (affect) dan makna hidup (eudaimonia).

Lalu, bagaimana dengan indeks kebahagiaan tiap daerah. Berikut datanya:

5 Daerah dengan Indeks Kebahagiaan tertinggi

Maluku Utara: 76,34
Kalimantan Utara: 76,33
Maluku: 76,28
Jambi: 75,17
Sulawesi Utara: 74,96

Sedangkan Jakarta berada di peringkat 8 terbawah.

Tonton juga Video: Ibu Kota Pindah, Anies: Tak Ada Efeknya pada Kemacetan Jakarta

[Gambas:Video 20detik]



(eva/gbr)