Alasan BK DPRD Panggil Prasetyo Edi soal Interpelasi Formula E Pekan Depan

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Jumat, 28 Jan 2022 08:13 WIB
Prasetyo Edi Marsudi
Prasetyo Edi Marsudi (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Badan Kehormatan (BK) akan memanggil Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi terkait aduan tujuh fraksi yang menolak interpelasi Formula E pekan depan. Apa alasannya Prasetyo baru dipanggil pekan depan?

"Karena proses klarifikasi dan verifikasi para ketua fraksi dan para wakil ketua dewan juga baru selesai kemarin," kata Ketua BK DPRD DKI, Achmad Nawawi saat dihubungi, Kamis (27/1/2022).

Selain itu, Nawawi menuturkan hasil klarifikasi dan verifikasi masih belum selesai sepenuhnya sehingga Prasetyo tak kunjung dipanggil. Dia mengatakan pemeriksaan terhadap pelapor dilakukan sesuai prosedur BK.

"Dan berita acara hasil klarifikasi dan verifikasinya belum selesai semua, jadi memanggil terlapor itu setelah selesai verifikasi dan klarifikasi pelapor. Itu lah mekanisme tata beracara penanganan kasus dugaan pelanggaran kode etik di BK," imbuhnya.

BK sebelumnya batal memanggil Prasetyo Edi Marsudi Rabu (26/1). Pemanggilan berkaitan dengan aduan tujuh fraksi yang menolak interpelasi Formula E.

"Nggak (dipanggil hari ini)," kata Wakil Ketua BK DPRD DKI Jakarta Oman Rohman Rakinda saat dikonfirmasi.

Oman tidak menjelaskan alasan pemanggilan dibatalkan. Dia menyebut BK akan memanggil ulang Prasetyo pekan depan.

"(Pemanggilan) rencana pekan depan," ujarnya.

Ditemui di kantornya, Prasetyo Edi Marsudi mengaku hingga saat ini belum mendapat surat panggilan BK. Dia minta BK segera memanggil dirinya.

"Hari ini juga saya tidak mendapatkan surat (pemanggilan) apa-apa. Saya meminta kepada Ketua Badan Kehormatan untuk memeriksa saya, saya mau mengklarifikasi, salah saya apa dilaporin ke BK?" kata Prasetyo saat ditemui di DPRD DKI Jakarta.

Simak juga Video: Balas-membalas Anies Vs Giring Kian Memanas

[Gambas:Video 20detik]