Tebar Bibit Ikan di Waduk Jatibarang, Ganjar: Kita Turunkan Stunting

Muhamad Yoga Prastyo - detikNews
Kamis, 27 Jan 2022 21:00 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyerahkan ribuan bibit ikan kepada pengelola Waduk Jatibarang.
Foto: Istimewa
Jakarta -

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyerahkan ribuan bibit ikan kepada pengelola Waduk Jatibarang. Penyerahan ini dilakukan sebagai upaya mencegah kekurangan asupan gizi atau stunting.

"Ini program dari partai (PDIP) kita akan coba turunkan stunting sehingga kader semuanya bergerak. Nah kami yang di pemerintah diminta bergerak," ujar Ganjar dalam keterangan tertulis, Kamis (27/1/2022).

Ganjar berharap bibit ikan yang diberikan kepada pengelola Waduk Jatibarang dapat mempunyai nilai manfaat bagi masyarakat. Terlebih, bibit ikan yang diberikan nantinya dapat menjadi bahan konsumsi harian masyarakat yang mudah didapat dan diolah.

Adapun bibit ikan yang dimaksud Ganjar ada bermacam-macam. Mulai dari ikan patin, lele, hingga ikan mas. Pada kesempatan tersebut, Ganjar juga ikut menyebarkan bibit ikan ke Waduk Jatibarang secara langsung.

"Tadi kita tebar benih ikan bantuan dari Ibu Mega dengan satu harapan nanti akan bisa kelak kemudian bisa dipancing, dinikmati, dibagikan kepada mereka yang membutuhkan," ucapnya.

Ganjar juga menilai konsumsi ikan dapat membuat janin hingga bayi terhindar dari stunting. Hal ini mengingat konsumsi ikan dapat memberikan asupan gizi yang lengkap kepada bayi dan ibu hamil sehingga baik untuk pertumbuhan janin.

"Maka kalo kemudian seluruh orang hamil itu dideteksi jadine gizinya bagus, Insya Allah stunting bisa kita cegah sejak dini," kata Ganjar.

Pada kesempatan yang sama, salah seorang warga bernama Maduri (65) mengaku senang atas pemberian bibit tersebut. Pria yang juga bekerja sebagai pembudidaya ikan di Waduk Jatibarang itu berharap bisa memanen bibit ikan yang ditebar tersebut dalam beberapa bulan ke depan.

"Sangat senang atas bantuan ini. Harapannya kan nanti kurang lebih tiga bulan lagi bisa dipanen. Warga kami semangat masalah ini," ucap Maduri.

Kegiatan ini turut pula dihadiri Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi yang mendampingi Ganjar Pranowo.

Lihat juga video 'Penampakan Jutaan Sarang Ikan Aneh di Dasar Laut Antartika':

[Gambas:Video 20detik]



(akn/ega)