Makna Jeruk Saat Imlek Apa Ya? Yuk Simak Penjelasannya

Salma Rafifa Aprillya - detikNews
Kamis, 27 Jan 2022 19:54 WIB
Makna Jeruk Saat Imlek, Dipercaya Membawa Keberuntungan
Makna Jeruk Saat Imlek, Dipercaya Membawa Keberuntungan (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Makna jeruk saat Imlek atau Chinese New Year sangat penting. Jeruk merupakan salah satu buah yang selalu disajikan dalam perayaan Imlek.

Bagi banyak orang Tionghoa, Imlek dirayakan dengan makan bersama keluarga. Mulai dari mie hingga buah jeruk, makanan yang dimakan saat Imlek memiliki makna tersendiri.

Lalu, apa makna jeruk saat Imlek? simak rangkuman informasinya berikut ini.

Makna Jeruk Saat Imlek: Membawa Keberuntungan

Jeruk merupakan buah pokok yang selalu ada dalam perayaan Imlek. Ada makna yang dalam mengenai mengapa jeruk selalu ada dalam perayaan Imlek.

Melansir dari situs monash.edu.my, jeruk selalu dianggap sebagai simbol keberuntungan dalam budaya China. Hal ini karena kata jeruk jika diucapkan dalam bahasa mandarin terdengar mirip dengan kata "kekayaan".

Selain itu, bentuk jeruk yang bulat juga memiliki makna tersendiri di hari Imlek. Jeruk berbentuk seperti matahari memiliki makna kebahagiaan yang sangat menguntungkan

Warna oranye dari buah jeruk ini juga dipercaya melambangkan emas. Hal ini membuat jeruk dipercaya sebagai buah yang melambangkan keuntungan.


Makna Jeruk Saat Imlek: Tradisi Memberikan Jeruk

Dilansir dari laman monash.edu.my , bertukar buah jeruk adalah suatu keharusan selama Imlek. Memberikan jeruk mandarin kepada orang yang dicintai selama Imlek merupakan cara simbolis untuk mendoakan kebahagiaan dan kemakmuran seseorang.

Berdasarkan ChinaHighlights, sudah menjadi tradisi untuk meletakkan jeruk bersama amplop merah di samping bantal anak-anak di setiap keluarga China. Kegiatan ini dipercaya akan membawa keberuntungan kepada anak-anak tersebut.

Selain itu, jeruk juga diletakkan di tempat beras saat Imlek. Hal ini dipercaya akan membawa berkah baik untuk seluruh anggota keluarga.

Makna jeruk saat Imlek saat ini sudah diketahui. Simak informasi lainnya mengenai perayaan Imlek yang sudah kami rangkum berikut ini.