Tradisi Imlek di Berbagai Negara Apa Saja? Yuk Simak Jelang 1 Februari

Salma Rafifa Aprillya - detikNews
Selasa, 25 Jan 2022 13:28 WIB
WUHAN, CHINA - FEBRUARY 5: (CHINA OUT) The Chinese New Year Folk Art Lantern Show opens at Expo Garden on February 5, 2021 in Wuhan, Hubei Province, China. China is marking the Spring Festival which begins with the Lunar New Year on February 12, ushering in the Year of the Ox. With no recorded cases of COVID-19 community transmissions since May 2020, life for residents in Wuhan is gradually returning to normal. (Photo by Getty Images)
Tradisi Imlek di Berbagai Negara Apa Saja? Yuk Simak Jelang 1 Februari - Perayaan Imlek di Wuhan, China pada 2021 lalu (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Tradisi Imlek di berbagai negara menarik untuk diketahui. Saat ini, Imlek atau Chinese New Year tinggal menghitung hari.

Imlek dirayakan di berbagai negara di dunia. Tahun ini, Chinese New Year atau Imlek jatuh pada tanggal 1 Februari.

Untuk mengetahui mengenai tradisi Imlek di berbagai negara, simak rangkuman informasinya berikut ini.

Tradisi Imlek di Berbagai Negara: Pahami Dulu Sejarahnya

Sebelum memahami tentang tradisi Imlek di berbagai negara, penting juga untuk mengetahui awal mula perayaan Imlek. Melansir dari situs Britannica, sejarah perayaan Imlek berkaitan erat dengan legenda.

Salah satu legenda mengatakan bahwa ribuan tahun yang lalu monster bernama Nian akan menyerang penduduk desa pada hari pertama setiap tahun baru.

Monster itu takut dengan suara keras, cahaya terang, dan warna merah, jadi benda-benda tersebut digunakan untuk mengusir monster Nian. Maka dari itu, sampai sekarang, Imlek dirayakan dengan petasan, kembang api, dan pakaian serta dekorasi berwarna merah.

Tradisi Imlek di Berbagai Negara: Mulai China-Inggris

Chinese New Year atau Imlek merupakan festival terpenting dalam kalender Lunar China. Dengan banyaknya migran China di seluruh dunia, perayaan Imlek tidak hanya terbatas dilakukan di China tetapi juga dilakukan di sejumlah negara di dunia.

Ada sejumlah tradisi unik Imlek yang dilakukan di sejumlah negara, mulai dari membersihkan rumah hingga parade keliling kota. Berikut adalah tradisi Imlek di berbagai negara di dunia seperti dilansir dari Fodors dan CNN:

  1. China
    Salah satu tradisi Imlek yang dilakukan di China adalah membersihkan rumah. Seluruh anggota keluarga bersama-sama membersihkan rumah mereka secara menyeluruh. Kegiatan ini dipercaya bisa membebaskan penghuni rumah dari nasib buruk di tahun baru.
  2. Korea Selatan
    Chinese New Year atau Imlek di Korea Selatan merupakan waktu untuk bersenang-senang. Keluarga dan teman-teman berkumpul di malam tahun baru Imlek untuk bermain permainan tradisional bernama Yut Nori. Selain itu, warga Korea Selatan juga mengonsumsi Mochi dalam perayaan Chinese New Year atau Imlek. Mochi dalam Imlek ini memiliki makna teman dan keluarga yang akan selalu berkumpul bersama di tahun yang baru.
  3. Kota Nanquan, China
    Kota Nanquan merupakan kota kecil di China yang memiliki tradisi pertunjukan unik setiap tahun Imlek. Para pandai besi di kota tersebut melemparkan logam cair ke tembok kota batu yang dingin untuk menciptakan percikan api. Diketahui bahwa kegiatan tersebut dilakukan karena dahulu, para pandai besi di kota tersebut terlalu miskin untuk membeli kembang api.
  4. Vietnam
    Di Vietnam, perayaan Imlek biasanya dilakukan dengan membuat kue tradisional bernama kue Chung. Anggota keluarga berkumpul dalam satu meja bersama-sama membuat kue Chung yang terbuat dari ketan, kacang hijau dan daging babi.
  5. London, Inggris
    Ibu kota Inggris, London, merupakan kota di luar benua Asia yang merayakan Imlek besar-besaran. Setiap tahun Imlek, terdapat parade besar keliling kota. Parade tersebut dimulai dari Chinatown sampai Trafalgar Square London, Inggris.

Tradisi Imlek di berbagai negara saat ini sudah diketahui. Simak informasi mengenai Imlek lainnya yang sudah kami rangkum.