Menaker Sebut Perlu Adanya Pelatihan bagi Pekerja di Sirkuit Mandalika

Zefanya Aprilia - detikNews
Kamis, 27 Jan 2022 18:58 WIB
Menaker Ida Fauziyah
Foto: Kemnaker
Jakarta -

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan pendampingan dan pelatihan diperlukan untuk menciptakan tenaga kerja yang kompeten di sektor pariwisata Mandalika. Hal itu ia sampaikan saat menerima Bupati Lombok Tengah, Lalu Pathul Bahri, di Kantor Kemnaker, Jakarta.

"Perlunya penguatan dan pendampingan tenaga kerja yang bergerak di sektor pariwisata khususnya pelatihan digital dalam rangkaian promosi dan pengembangan wisata," kata Menaker Ida Fauziyah, Rabu (26/1/2022).

Ida mengatakan untuk menyiapkan SDM lokal yang unggul, pihaknya berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam mengembangkan desa wisata dan wirausaha mandiri di sekitar Mandalika.

Pengembangan ini dilakukan dengan pelatihan hard and soft skill yang mengacu pada kondisi terkini dan bersifat multitasking dan multiskilled.

"Harus ada spesifikasi dan kualifikasi dari pelatihan yang dibutuhkan oleh destinasi super prioritas wisata karena peminat pekerja sangat banyak dengan keahlian yang terkadang tidak sesuai dengan kebutuhan di Mandalika," ucap Ida.

Menurut Ida, Kemnaker memberikan dukungan kepada Pemerintah Lombok Tengah dalam menyiapkan tenaga kerja yang kompeten sesuai dengan kebutuhan pasar kerja di Mandalika. Hal lain juga dilakukan Kemnaker dengan memberikan dukungan kepada Lombok Tengah melalui promosi dan partisipasi dari pelaku usaha swasta khususnya yang ada di destinasi super prioritas Mandalika.

Bupati Lombok Tengah, Lalu Pathul Bahri, mengatakan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan asosiasi perhotelan di Mandalika dalam menyiapkan tenaga kerja melalui pelatihan-pelatihan yang bekerja sama dengan lembaga pelatihan seperti BLK Lombok Timur, Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS), Asosiasi Industri Pariwisata, serta UMKM di wilayah Mandalika.

"Pelatihan-pelatihan tersebut nantinya dikhususkan kepada pekerja perhotelan yang akan ditempatkan pada sejumlah hotel di Mandalika," ujar Lalu Pathul Bahri.

(ncm/ega)