TNI AL Buka Pendaftaran Komcad, Kuota 500 Orang

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Kamis, 27 Jan 2022 18:50 WIB
KSAL Laksamana Yudo Margono
KSAL Laksamana Yudo Margono (Firda Cynthia/detikcom)
Jakarta -

KSAL Laksamana Yudo Margono menyampaikan informasi terkait pendaftaran komponen cadangan (komcad) TNI Angkatan Laut. Khusus TNI AL, Yudo menyebut pihaknya menyediakan kuota sebanyak 500 orang.

"(Komcad dibuka) ini tahun 2022. Kan kita dapat jatah 500 nanti," kata Yudo Margono kepada wartawan usai menghadiri rapat kerja Menteri Pertahanan (Menhan) bersama Komisi I DPR RI di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (27/1/2022).

Meski begitu, dia belum bisa memastikan bulan apa pendaftaran itu akan dibuka. Dia masih menunggu instruksi dari Kementerian Pertahanan (Kemhan).

"Belum ada direktif dari Kemhan. Pokoknya tahun 2022 ini," katanya.

Menurutnya, pendaftaran komcad Angkatan Laut akan dibuka di sejumlah Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal). Sementara itu, proses pendidikan bagi peserta komcad akan dilaksanakan di Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) dan Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar).

"Nanti di lantamal-lantamal sama seperti pendaftaran Angkatan Laut. Nanti kan pasti akan kita telegramkan di Lantamal-Lantamal. Nanti pendidikannya di Kodiklatal sama di Kodikmar," jelas Yudo.

Lebih lanjut, dia mengatakan peserta komcad akan mempelajari pengawakan alat utama sistem senjata (alutsista), termasuk alat senjata di laut maupun udara.

"Nanti kalau komponen Angkatan Laut tidak lepas dari pengawakan alutsista, sehingga nanti kita komponen cadangannya kita cari para personel-personel yang bisa mengawaki alutsista, baik kapal maupun udara. Nanti sebagian memang untuk mengawaki," sambungnya.

Melansir laman resmi Kemhan di kemhan.go.id, sebelumnya Dirjen Pothan Kemhan Mayjen TNI Dadang Hendrayudha memimpin Rapat koordinasi Pembentukan Komponen Cadangan (Komcad) di Aula Bela Negara Gedung R. Soeprapto Lt. 8 Ditjen Pothan Kemhan, Selasa (4/5/2021) lalu. Rapat itu dihadiri Pejabat Jajaran TNI, Kementerian/Lembaga, BUMN dan BUMS.

Dalam pemaparannya, Dadang menyebut komcad yang akan segera dibentuk berjumlah 2.500 orang yang berada di rayon 1, yaitu pulau Jawa, ke depan menyusul rayon 2, 3, 4, dan 5 serta akan membentuk komcad Matra Laut dan Udara.

(fca/lir)