Jagokan Ahok Pimpin Nusantara, PDIP: Semua Dalam Dialog Jokowi-Mega

Nahda Rizki Utami - detikNews
Kamis, 27 Jan 2022 17:58 WIB
Jokowi, Mega, Ahok di Gala Dinner Istana
Presiden Jokowi bersama Megawati dan Ahok (Dok: Twitter Pramono Anung)
Jakarta -

PDI Perjuangan (PDIP) menilai salah seorang kadernya, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, memenuhi kriteria Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengungkap soal calon Kepala Otorita IKN ada dalam dialog antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Megawati Soekarnoputri.

"Semuanya dalam dialog antara Bapak Presiden Jokowi dengan Ibu Megawati," kata Hasto saat ditemui di kantor DPP PDIP, Jl Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (27/1/2022). Hasto menjawab pertanyaan apakah Ahok akan diajukan menjadi calon Kepala Otorita IKN.

Hasto menyebut PDIP juga sudah menyampaikan pandangan terkait kriteria calon Kepala Otorita Nusantara. Sebab, sebut dia, PDIP sejak zaman Sukarno berharap IKN berada di Kalimantan.

"Tetapi dari perspektif kriteria itu PDI Perjuangan sudah menyampaikan, karena besar harapan partai sejak zaman Bung Karno terkait dengan ibu kota negara yang berada di Pulau Kalimantan itu," sebut Hasto.

Diberitakan sebelumnya, Hasto menyebut PDIP memiliki nama-nama yang memenuhi kriteria Kepala Otorita Nusantara. Ahok menjadi salah satu nama yang disebut Hasto memenuhi syarat Kepala Otorita Nusantara.

"Tapi, siapa yang akan diputuskan itu kami serahkan kepada Presiden Jokowi. Hanya saja PDIP punya nama-nama calon yang memenuhi syarat untuk itu, termasuk Pak Basuki Tjahaja Purnama. Beliau juga punya kepemimpinan yang cukup baik, selama menjadi wakil gubernur dan gubernur di Jakarta," ujar Hasto.

(zak/tor)