Profil Bupati Langkat Terbit Rencana Tersangka KPK, Geger Punya Kerangkeng

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 27 Jan 2022 12:36 WIB
Profil bupati langkat Terbit Rencana mulai dicari tahu usai ditetapkan sebagai tersangka kasus suap dan ditemukannya kerangkeng di halaman belakang rumahnya.
Profil Bupati Langkat Terbit Rencana Tersangka KPK, Geger Punya Kerangkeng (Foto: dok 20detik/detikcom)
Jakarta -

Profil Bupati Langkat Terbit Rencana banyak dicari tahu usai ditetapkan dia sebagai tersangka kasus suap dan ditemukannya kerangkeng di halaman belakang rumahnya. Ditemukannya kerangkeng itu terungkap setelah Terbit Rencana terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK.

detikcom sudah merangkum informasi mengenai profil Bupati Langkat Terbit Rencana. Simak ulasannya berikut ini.

Profil Bupati Langkat Terbit Rencana: Pernah Menjadi Ketua DPRD Langkat

Informasi pertama terkait profil Bupati Langkat Terbit Rencana yakni kelahirannya. Dia lahir pada 24 Juni.

Terbit maju sebagai calon bupati yang diusung oleh Golkar dalam Pilkada 2019 yang membuatnya terpilih menjadi Bupati langkat periode 2019-2024 dengan perolehan suara sebesar 241.142.

Terbit Rencana sudah bergerak di bidang politik sebelum menjabat sebagai Bupati Langkat, berikut rinciannya:

  1. Menjabat sebagai Ketua DPRD Langkat periode 2014-2018
  2. Merupakan Kader Partai Golkar
  3. Menjabat sebagai Ketua MPC Pemuda Pancasila
  4. Pernah maju sebagai Caleg DPRD Kabupaten Langkat pada Pemilu 2014

Profil Bupati Langkat Terbit Rencana: Punya Kekayaan Sekitar Rp 85 Miliar

Informasi lain yang perlu diketahui terkait profil Bupati Langkat Terbit rencana yakni total kekayaan yang dia punya. Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Terbit Rencana memiliki kekayaan sebesar Rp 85 miliar. Dia mempunyai 10 bidang tanah senilai Rp 3.790.000.000. Tanah itu tersebar di sejumlah daerah di Langkat.

Selain itu, Terbit Rencana tercatat memiliki 8 unit mobil yang totalnya Rp 1.170.000.000. Lalu, ada pula harta bergerak lainnya senilai Rp 700 juta. Terbit Rencana juga diketahui memiliki kas senilai Rp 1.191.419.588.

Profil Bupati Langkat Terbit Rencana: Salah Satu Kepala Daerah Terkaya

Bupati Langkat Terbit Rencana pernah tercatat sebagai salah satu kepala daerah terkaya di Indonesia. Terbit termasuk dalam jajaran 10 kepala daerah terkaya di Indonesia.

Kategori ini berdasarkan data LHKPN. Terbit Rencana menjadi kepala daerah terkaya ketujuh di Indonesia berdasarkan data LHKPN 2020.


Profil Bupati Langkat Terbit Rencana: Menjadi Tersangka KPK

Profil Bupati Langkat Terbit Rencana mulai dicari tahu usai KPK menetapkannya sebagai tersangka kasus dugaan suap. Dia sempat terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT). Terbit Rencana diduga meminta fee dari paket-paket yang dibuat terkait pengerjaan proyek infrastruktur.

Paket proyek itu dibuat sejak 2020. Terbit Rencana bekerja sama dengan saudara dan sejumlah jajaran yang disebut orang kepercayaannya dalam membuat paket proyek.

"Sekitar tahun 2020 hingga saat ini, tersangka TRP selaku Bupati Langkat periode 2019 sampai dengan 2024 bersama dengan tersangka ISK yang adalah saudara kandung dari tersangka TRP diduga melakukan pengaturan dalam pelaksanaan paket proyek pekerjaan infrastruktur di Kabupaten Langkat," kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron kepada wartawan, Kamis (20/1).


Profil Bupati Langkat Terbit Rencana: Punya Kerangkeng Manusia

Kerangkeng manusia ditemukan di rumah Bupati Langkat Terbit Rencana. Hal ini berawal dari laporan yang diterima oleh Migrant CARE.

Temuan itu kemudian dilaporkan ke Komnas HAM. Kerangkeng manusia itu disebut sebagai tempat bagi para pekerja di kebun kelapa sawit milik Terbit.

"Berdasarkan laporan yang diterima Migrant CARE, di lahan belakang rumah bupati tersebut, ditemukan ada kerangkeng manusia yang dipekerjakan di kebun kelapa sawitnya mengalami eksploitasi," ucap ketua pusat studi migrasi Migrant CARE, Anis Hidayah, dalam keterangannya, Minggu (23/1).

Informasi lain terkait profil Bupati Langkat Terbit Rencana ada di halaman selanjutnya.