Viral Akses ke Stasiun Sawah Besar Rusak, KAI Klaim Bukan Jalur Pejalan Kaki

Anggi Muliawati - detikNews
Kamis, 27 Jan 2022 08:29 WIB
Jakarta -

Viral video pejalan kaki merekam akses Stasiun Sawah Besar, Jakarta Pusat. PT KAI menyebut area yang rusak itu bukan akses bagi pejalan kaki di stasiun.

Dilihat dari video yang beredar di media sosial, seorang pria merekam akses jalan yang dia lewati. Jalan tersebut seukuran orang dewasa.

"Mohon perhatian kepada pengurus kereta api. Di jalur pejalan kaki menuju Sawah Besar tergenang air dan sebagian dari coran yang mengelupas rusak sehingga terkena air," katanya.

"Sehingga pejalan kaki yang menuju Stasiun Sawah Besar sedikit kesulitan, karena liat ini, airnya lumayan, orang bisa terpeleset kalau begini. Mohon perhatiannya KAI," ucapnya.

Saat detikcom mengunjungi lokasi yang dimaksud, Rabu (26/1/2022), pukul 12.20 WIB. Jalan kecil yang dimaksud pria tersebut berada di sisi barat Stasiun Sawah Besar.

Jalan tersebut merupakan jalan tanah. Adanya genangan membuat jalanan becek.

Saat itu, kondisi Stasiun Sawah Besar beroperasi normal. Namun kondisi sepi dan tidak terlihat pejalan kaki yang lewat ke sana.

Menanggapi hal itu, Kahumas Daop 1 PT KAI Eva Chairunisa memberikan klarifikasinya. Dia mengatakan jalan tersebut bukan jalan yang selalu dilalui penumpang.

"Area pejalan kaki untuk Stasiun Sawah Besar melalui pintu timur, kondisinya baik. Video tersebut bukan akses untuk layanan penumpang," kata Eva saat dihubungi detikcom, Kamis (27/1).

Eva mengatakan lokasi Stasiun Sawah Besar memang berdekatan dengan area bongkar muat barang, sehingga jalan tersebut tidak dipergunakan untuk penumpang.

"Lokasi itu memang tidak digunakan untuk akses penumpang. Untuk akses penumpang di area timur Jl Krekot langsung mengarah ke gate," katanya.

Meski begitu, Eva mengatakan pihaknya akan tetap melakukan pengecekan kembali terkait lokasi yang dimaksud.

"Kami akan lakukan pengecekan kembali terkait area tersebut," tuturnya.

(aik/aik)