Andre Rosiade Bantu Korban Kebakaran di Tarusan, Pessel

Jihaan Khoirunnissa - detikNews
Kamis, 27 Jan 2022 09:05 WIB
Andre Rosiade
Foto: Andre Rosiade
Jakarta -

Anggota DPR RI yang juga ketua DPD Gerindra Sumatera Barat (Sumbar), Andre Rosiade, menyalurkan bantuan kepada warga Tarusan, Pesisir Selatan (Pessel), Desnita Rosa (53). Andre mengaku prihatin dengan kebakaran yang melanda rumah gadang milik keluarga Desnita.

Ketua harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) itu pun meminta tim Gerindra Sumbar memberikan bantuan. Dia berharap bantuan tersebut bisa dimanfaatkan untuk membangun kembali rumah Desnita, yang ludes terbakar pada Senin (10/1).

"Kami kirimkan sebagai dana awal untuk membangun kembali rumah gadang itu. Semoga bisa bermanfaat bagi keluarga korban," kata Andre dalam keterangan tertulis, Kamis (27/1/2022).

Wakil Ketua DPD Gerindra Sumbar Nurhaida, yang turut mengantarkan bantuan bersama Zulkifli (wakil sekretaris), pada Selasa (25/1) menyebutkan awalnya informasi ini didapat oleh Andre Rosiade dari staf Fraksi Gerindra DPRD Pessel.

"Kami diminta mengomunikasikan dan mengecek ke lapangan, lalu menyerahkan bantuan dari pak Andre Rosiade," kata Sekretaris PIRA (Perempuan Indonesia Raya) Sumbar ini.

Diketahui, sejak kebakaran hebat meratakan rumahnya, Desnita bersama keluarga harus tinggal menumpang di rumah milik saudaranya yang bersebelahan dengan rumahnya di Kampung Simpang, Nagari Ampang Pulai, Pessel. Rumah yang ditempati itu pun sebenarnya terlihat sisa-sisa kebakaran di jendela dan atap bagian sampingnya.

"Sekarang saya, suami dan tiga anak kami tinggal sementara di rumah saudara. Kebetulan mereka di rantau dan hanya dihuni oleh keluarga yang lainnya. Tak ada yang tersisa dari kebakaran, selain surat-surat berharga yang sempat saya selamatkan. Kebakaran sekitar pukul 01.30 WIB dini hari, saat kami semua tertidur," papar Desnita

Kepada Andre Rosiade, Desnita mengungkapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan.

"Alhamdulillah, terima kasih, Pak Andre Rosiade. Dengan bantuan bapak dan juga tambahan dari keluarga kami di rantau, kami akan bangun rumah kembali," katanya.

Dia menjelaskan, rumah yang terbakar adalah rumah gadang lama yang terbuat dari kayu, dan juga sebuah rumah kecil permanen. Rumah itu cukup ikonik dan menjadi salah satu rumah gadang tertua di Tarusan, Pessel. "Kami akan mencoba bangun kembali, meski semi permanen. Di bawah permanen, di lantai atasnya kayu," jelas wanita yang sehari-hari bekerja di tambak udang bersama suaminya Armen (54).

Sementara itu, Kepala Kampung Simpang, Joni Aprizal, mengapresiasi Partai Gerindra dan Andre Rosiade yang memberikan bantuan yang cukup banyak sehingga membuat keluarga Denita kembali semangat dan kuat untuk mendirikan rumah gadang.

"Saya mewakili masyarakat Kampung Simpang berterima kasih kepada Pak Andre Rosiade yang telah memberikan bantuan kepada keluarga korban kebakaran," tandas Jonibyang turut hadir bersama Kepala Kampung Sudut Damsirwan dan Anggota Bamus Nagari Ampang Pulai Afrita.

(ega/ega)