Menteng Bukan Daerah Banjir, Ketua DPRD DKI Heran Ada Sumur Resapan

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 27 Jan 2022 01:36 WIB
Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio
Foto: Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio (Wilda Nufus/detikcom)
Jakarta -

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi menyoroti sumur resapan di Menteng, Jakarta Pusat. Pras, panggilan akrab Prasetio, menyebut Menteng bukanlah daerah rawan banjir.

"Contoh Jalan Sriwijaya, Jalan Menteng, itu kan kawasan elite. Nggak pernah dari zaman gua kecil tahun 63 di Jakarta itu namanya banjir di sana, itu enggak ada. Aman bener," kata Prasetio di DPRD DKI Jakarta, Jl Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (26/1/2022).

Pras juga menyayangkan proyek sumur resapan menyebabkan jalanan sekitar menjadi bolong dan rusak. Bahkan, tak jarang pula proyek sumur resapan malah mangkrak dan dibiarkan terbuka begitu saja.

Pras lantas merekomendasikan supaya ditaruh ikan lele di dalam sumur resapan.

"Tapi sekarang dibolongin sama dia banyak bener. Terus abis dibolongin ditinggal gitu aja," ujarnya.

"Kalau gua cocoknya bakal kerja sama dengan Dinas KPKP terus taroh lele di dalam situ, masyarakat yang jagain, kasih makan, itu kan jadi pendapatan juga. Sebegini banyaknya loh, " sambungnya.

Politikus PDIP itu menegaskan sumur resapan tidaklah efektif dalam mengatasi banjir. Dia meminta lebih baik Pemprov DKI fokus merealisasikan naturalisasi, ketimbang gencar membangun, sumur resapan.

"Yang paling benar itu normalisasi atau naturalisasi. Itu yang bener, setelah tersambung dari hulu ke hilir mana yang masih kurang, itu kan nanti ketemu. Sodetan harus ada," tegasnya.

Simak juga Video: Heboh Harga Sumur Resapan Rp 80 Juta Per Unit, Ini Kata Pemrov DKI

[Gambas:Video 20detik]



(taa/aik)