Wagub DKI Jawab Kritik Ketua DPRD Soal Sumur Resapan Jadi Kolam Lele

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 26 Jan 2022 23:54 WIB
Ahmad Riza Patria
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Tiara Aliya/detikcom)
Jakarta -

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menjawab kritikan Ketua DPRD Prasetyo Edi Marsudi soal sumur resapan jadi kolam lele. Riza meminta setiap permasalahan disikapi secara bijak.

Dia mengungkit bahwa program kerja yang selama ini dijalani merupakan buah kesepakatan bersama antara eksekutif dan legislatif.

"Mari kita semua sikapi semua masalah di Jakarta dengan baik, dengan bijak. Ya kan? Semua program kita bahas bersama antara Pemprov dengan DPRD," kata Riza kepada wartawan, Rabu (26/1/2022).

Riza mengakui realisasi program kerja tak terlepas dari kekurangan, tak terkecuali proyek sumur resapan. Untuk itu, Riza bakal memastikan agar program kerja Pemprov DKI berjalan optimal.

"Itu juga proses dari bawah, ada kekurangan mungkin kita perbaiki. Ke depan kita akan pastikan semua program-program akan jauh lebih baik," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mengkritik pembangunan sumur resapan di Ibu Kota. Menurut Pras, sapaan akrab Prasetio, sumur resapan tidak berfungsi dan lebih baik jadi kolam ikan lele.

"Kalau gue cocoknya bakal kerja sama dengan Dinas KPKP, terus taruh lele di dalam situ, masyarakat yang jagain, kasih makan, itu kan jadi pendapatan juga. Sebegini banyaknya loh (sumur resapan)," ujarnya Prasetio di DPRD DKI Jakarta, Jl Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (26/1).

Prasetio tetap berpandangan tak ada manfaat yang bisa diambil dari proyek sumur resapan. Hal inilah yang mendorongnya mencoret anggaran proyek ini dari APBD 2022. Jika ingin mengatasi banjir, semestinya yang harus digencarkan adalah program naturalisasi sungai.

"Yang paling benar itu normalisasi atau naturalisasi. Itu yang bener, setelah tersambung dari hulu ke hilir mana yang masih kurang, itu kan nanti ketemu. Sodetan harus ada," imbuhnya.

Simak juga Video: Heboh Harga Sumur Resapan Rp 80 Juta Per Unit, Ini Kata Pemrov DKI

[Gambas:Video 20detik]



(taa/jbr)