Rais Syuriah PWNU Jatim Mohon Cucu Pendiri NU Tak Jadi Pengurus PBNU

Arief Ikhsanudin - detikNews
Kamis, 27 Jan 2022 01:07 WIB
gedung PBNU
Foto: nu.or.id
Jakarta -

Salah satu kiai sepuh di Jawa Timur, KH Nurul Huda Dzajuli, menyurati Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar dan Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf.

Dia meminta KH M Abdurrahman Al Kautsar dan KH Abdussalam Sohib tak lagi menjadi pengurus PBNU. Surat tersebut ditandatangani oleh KH Nurul Huda pada 13 Januari 2022.

KH Nurul Huda yang merupakan pengasuh Pondok Pesantren Al Falah Ploso, Kediri, meminta agar kedua orang itu tetap di Jawa Timur. Diketahui KH Nurul Huda juga menjabat sebagai Rais Syuriah PWNU Jawa Timur.

KH M Abdurrahman Al Kautsar adalah anak KH Nurul Huda. Sedangkan KH Abdussalam Sohib merupakan cucu pendiri NU, KH Bisri Syansuri.

"Agar tetap berkhidmat di Jawa Timur nderekaken Si Mbah KH Anwar Manshur (Rais Syuriyah PWNU Jawa Timur), sekaligus aktif di Pesantren," tulis KH Nurul Huda dalam suratnya, seperti dilihat detikcom, Rabu (26/2/2022).

Dalam surat itu, Nurul Huda pun merekomendasikan dua nama pengganti. Dia mengusulkan KH M Abdurrahman Al Kautsar digantikan Ahmad Nurul Huda dari Pondok Pesantren Motivasi Indonesia di Kabupaten Bekasi.

Sementara, KH Abdussalam Sohib direkomendasikan diganti H Maulana Ahmad Hasan dari Pondok Pesantren Al Falah Tinggar Jaya Jatilawang Banyumas.

Gus Kautsar mengkonfirmasi surat tersebut. Dia menyebut telah diajak berbicara sebelum surat itu dikirim. Dia tidak keberatan dengan usul pergantian tersebut.

"Yang memerintahkan kita khidmah beliau, mau di taruh di mana saja monggo kerso beliau. Beliau jauh lebih perso kualitas kami dari pada diri kami sendiri," kata Gus Kautsar saat dihubungi.

Gus Kautsar tidak memastikan apakah PBNU sudah membalas surat tersebut. "Yang jelas sudah diterima oleh ketua umum," ucapnya.

Lihat Video: Said Aqil-Gus Ipul Jadi Petinggi PBNU, Ini Daftar Pengurus 2022-2027

[Gambas:Video 20detik]



(aik/jbr)