Batal Hari Ini, BK Panggil Ketua DPRD DKI soal Formula E Pekan Depan

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 26 Jan 2022 17:33 WIB
Siapa Influencer Ngaku-ngaku Vaksin Ketiga di DPRD DKI?
Gedung DPRD DKI Jakarta (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Badan Kehormatan (BK) batal memanggil Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi hari ini. Pemanggilan berkaitan dengan aduan tujuh fraksi yang menolak interpelasi Formula E.

"Nggak (dipanggil hari ini)," kata Wakil Ketua BK DPRD DKI Jakarta Oman Rohman Rakinda saat dikonfirmasi, Rabu (26/1/2022).

Oman tidak menjelaskan alasan pemanggilan dibatalkan. Dia menyebut BK akan memanggil ulang Prasetyo pekan depan.

"(Pemanggilan) rencana pekan depan," ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengaku hingga saat ini belum mendapat surat panggilan BK. Dia minta BK segera memanggil dirinya.

"Hari ini juga saya tidak mendapatkan surat (pemanggilan) apa-apa. Saya meminta kepada Ketua Badan Kehormatan untuk memeriksa saya, saya mau mengklarifikasi, salah saya apa dilaporin ke BK?" kata Prasetyo saat ditemui di DPRD DKI Jakarta.

Prasetyo menjelaskan BK perlu mengirimkan surat pemberitahuan kepada Ketua DPRD sebelum melayangkan surat kepada pihak yang diperiksa. Karena Prasetyo berstatus sebagai terlapor, Prasetyo mendesak supaya agenda pemanggilan dijalankan secara terbuka dan transparan.

"Sebenarnya kalau hari ini dia manggil harus ada surat ke ketua dewan yang kebetulan ketua dewan yang dipanggil BK," jelasnya.

"Harusnya izin ke saya dan saya akan mengagendakan dan buat terbuka buat umum di ruang paripurna. Ayo kita berdebat," sambungnya.

Politikus PDIP itu merasa dirinya 'tersandera' karena tak kunjung mendapat panggilan dari BK. Bahkan, dia mengancam bakal melaporkan balik BK jika tak melaksanakan tugasnya sesuai ketentuan yang berlaku.

"Laporkan ke BK balik, BK-nya salah laporkan balik. Intinya, saya disandera oleh satu situasi yang sebetulnya situasi itu nggak ada apa-apanya. Saya benar, saya melaksanakan berdasarkan undang-undang bukan atas pribadi seorang Ketua DPRD. Salah saya apa?" tegasnya.

Sebelumnya diberitakan, Prasetyo Edi Marsudi mengaku dipanggil Badan Kehormatan (BK) hari ini. Pemanggilan tersebut terkait dugaan pelanggaran pelaksanaan paripurna interpelasi Formula E.

"Rabu (26/1) mendatang Badan Kehormatan (BK) akan melakukan pemanggilan. Terkait dugaan pelanggaran pelaksanaan paripurna interpelasi," kata Edi melalui keterangan tertulis, Senin (25/1/2022).

Edi mengaku sudah lama menantikan pemanggilan tersebut. Menurut Edi, dengan begitu, dirinya dapat menjelaskan secara terang benderang mengenai pelaksanaan paripurna interpelasi yang dianggap ilegal.

"Ini sudah lama saya tunggu, kapan dipanggil supaya saya bisa menjelaskan gitu lho. Saya minta pemanggilan ini dilaksanakan terbuka untuk umum, supaya semua bisa lihat," ujarnya.

Politikus PDIP ini menegaskan tidak akan menghindar dari panggilan BK. Dia meyakini tindakan yang dilakukannya sudah benar.

Simak Video 'Formula E Disebut Proyek Menuju Pilpres 2024, Anies: Ini untuk Jakarta':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/dek)