detikcom Do Your Magic

Sempat Picu Berdirinya Tanggul Tengah Jalan Pondok Bambu, Got Mulai Dikeruk

Rifqi Mahdi Rizqullah - detikNews
Rabu, 26 Jan 2022 17:33 WIB
Got di Jl Teluk Tomini-Teluk Sibolga, Kavling Kompleks TNI AL, Pondok Bambu, 26 Januari 2022. (Rifqi Mahdi Rizqullah/detikcom)
Got di Jl Teluk Tomini-Teluk Sibolga, Kavling Kompleks TNI AL, Pondok Bambu, 26 Januari 2022. (Rifqi Mahdi Rizqullah/detikcom)
Jakarta -

Tanggul tengah jalan di perumahan ini memang sudah dibongkar. Semula, tanggul didirikan untuk mengatasi banjir luapan got. Kini, usai tanggul digempur, got dikeruk.

Lokasi tanggul yang sudah dibongkar itu ada di Jl Teluk Tomini-Teluk Sibolga, Kavling Kompleks TNI AL, antara RT 09 dan RT 011, Pondok Bambu, Jakarta Timur. Warga yang semula memiliki pertentangan kepentingan (yang satu ingin menghindari banjir, yang satu terhalang aksesnya) kemudian berhasil dimediasi. Kini, got biang kerok banjir mulai dikeruk.

"Pengerukan sudah dilakukan. Pengerukan mulai dari tikungan kompleks sampai ke ujung kesana itu sudah dilakukan," ujar salah satu warga RT 13 RW 11 yang tak ingin disebut namanya kepada detikcom, Rabu (26/1/2022).

Pengerukan dilakukan selama 2 hari, dalam minggu yang sama saat dilakukannya mediasi. Walau begitu, masih ditemukan satu titik yang penuh dengan lumpur dan sampah.

"Pengerukan dua hari. Sabtu dan Minggu-nya di pekan yg sama saat mediasi," tambahnya

Got di Jl Teluk Tomini-Teluk Sibolga, Kavling Kompleks TNI AL, Pondok Bambu, 26 Januari 2022. (Rifqi Mahdi Rizqullah/detikcom)Got di Jl Teluk Tomini-Teluk Sibolga, Kavling Kompleks TNI AL, Pondok Bambu, 26 Januari 2022. (Rifqi Mahdi Rizqullah/detikcom)

Dalam waktu dekat, rencananya juga dibikin pintu air di sini untuk mengantisipasi terjadinya banjir secara berulang.

Lurah Pondok Bambu, Asianti, membenarkan kabar tersebut. Ia mengatakan bahwa saat ini tengah diupayakan membangun pintu air dalam waktu dekat.

tanggul pondok bambu dirobohkanTanggul pondok bambu dirobohkan. (Rifqi/detikcom)

"Rencananya akan dibangun pintu air, serta dari SDA (Suku Dinas Sumber Daya Air) Jaktim sudah melakukan pengerukan di minggu yang sama sesudah mediasi berlangsung," ujar Asianti ketika ditemui detikcom di ruangannya, kantor Kelurahan Pondok Bambu, Jakarta Timur.

(dnu/dnu)