Massa Demo di Depan Gedung DPR Bubar, Lalin Mulai Lancar

Anggi Muliawati - detikNews
Rabu, 26 Jan 2022 16:13 WIB
Massa buruh demonstrasi di Gedung DPR. Massa menuntut dicabutnya UU Cipta Kerja serta revisi UU No 12 tentang Pembentukan Peraturan Perundangan-undangan. (Anggi M/detikcom)
Massa buruh demonstrasi di gedung DPR (Anggi M/detikcom)
Jakarta -

Massa buruh yang menggelar demo di depan gedung DPR RI mulai membubarkan diri. Arus lalu lintas di sekitar kawasan itu pun terpantau mulai lancar.

Pantauan detikcom pukul 15.50 WIB, Rabu (26/1/2022), massa berangsur pergi meninggalkan kawasan depan gedung DPR RI, Jakarta.

Arus lalu lintas di Jalan Gatot Subroto menuju arah Slipi mulai lancar. Kendaraan yang melintas tidak sepadat saat demo berlangsung.

Selain itu, jalur bus TransJakarta atau busway kembali hanya dilalui oleh TransJakarta. Sebagai informasi, saat demo berlangsung, kendaraan bermotor yang melintas dialihkan ke busway.

Kemudian gerbang depan gedung DPR sudah dibuka kembali. Sebelumnya gerbang tersebut ditutup karena aksi demo buruh.

Diberitakan sebelumnya, massa aksi yang tergabung dalam aliansi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) menggelar unjuk rasa di depan gedung DPR. Massa menuntut dicabutnya UU Cipta Kerja serta revisi UU No 12 tentang Pembentukan Peraturan Perundangan-Undangan.

"Yang diperintahkan itu adalah revisi UU Cipta Kerja, bukan revisi UU No 12. Tetapi Badan Legislasi mengajukan dalam Prolegnas UU No 12-nya yang direvisi," kata Ketua FSP TSK SPSI Roy Jinto Ferianto dalam orasinya di depan gedung DPR RI, Rabu (26/1/2022).

"Kita khawatir revisi UU Cipta Kerja hanya menyesuaikan bentuk UU No 12. Dalam pertimbangan MK, UU Cipta Kerja tidak dikenal dalam UU No 12, apakah UU ini perubahan atau pencabutan," lanjutnya.

(mae/mae)