Cerita Anies Desain Taman di Samping Sungai untuk Tempat Parkir Air

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 26 Jan 2022 14:01 WIB
Screenshot Video YouTube Anies Baswedan.
Foto: Screenshot Video YouTube Anies Baswedan
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membeberkan soal desain taman di samping sungai yang dibuat untuk menampung luapan air. Dia menyebut taman di samping sungai bisa difungsikan sebagai 'parkiran air' di kala musim hujan.

"Ada taman yang posisinya di samping sungai sehingga dia pada saat musim hujan ketika sungai airnya meningkat, didesain untuk menampung luapan air sungai sehingga parkirnya di dalam taman," kata Anies dalam YouTube Ruang Ketiga, Ruang Interaksi yang Setara, dikutip pada Rabu (26/1/2022).

Anies lantas mengoreksi anggapan 'taman dibanjiri'. Yang benar, menurut Anies, taman dijadikan untuk parkiran air agar tidak meluap ke jalan.

"Itu pernah berkomentar, 'Pak, taman yang banjir, bukan banjir itu memang parkir air," jelas Anies.

"Jadi kalau di taman di parkiran air, bukan. Memang begitu. Nanti ketika musim kering air sungainya turun maka tamannya turun," sambungnya.

Eks Mendikbud itu mengatakan taman-taman di Jakarta harus multifungsi dan desain taman disesuaikan dengan kebutuhannya. Contohnya, taman bisa difungsikan untuk kegiatan rekreatif hingga ramah terhadap lansia.

"Sebagai contoh Taman Puring. Taman Puring itu memang sudah lama menjadi tempat kumpulnya komunitas parkour karena itu disiapkan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhannya," ujarnya.

Di sisi lain, Anies meminta pembangunan taman perlu menghadirkan kesetaraan bagi siapa pun sehingga tak perlu ada penggusuran para pedagang tanaman dan bunga di sekitar taman.

"Ada pedagang-pedagang, pedagang tanaman yang bunga itu bukan dibersihkan dari tempat itu dikosongkan justru mereka menjadi bagian dari ekosistem taman. Ini satu ikhtiar untuk membuat ada ruang terbuka hijau," jelasnya.

Simak juga 'PSI Tak Anti-Formula E, Tapi Selesaikan Dulu Macet-Banjir DKI':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/idn)