KPK Dapat 'Suntikan' 61 Jaksa Baru dari Kejagung

Matius Alfons - detikNews
Rabu, 26 Jan 2022 11:58 WIB
Jakarta -

Ketua KPK Firli Bahuri mengungkapkan pihaknya mendapat tambahan 61 jaksa dari Kejaksaan Agung. Firli menyatakan tambahan jaksa tersebut penting untuk menyelesaikan persoalan perkara di KPK.

"Kami juga terima kasih dan sekaligus kami laporkan kepada pimpinan Komisi III DPR RI, beberapa waktu yang lalu kami mendapatkan tambahan dari Kejaksaan Republik Indonesia sebanyak 61 jaksa penuntut umum bergabung di KPK," kata Firli saat rapat kerja di ruangan Komisi III DPR RI, gedung DPR/MPR, Rabu (26/1/2022).

Firli mengatakan ke-61 jaksa tersebut telah memenuhi syarat dan lulus sehingga dalam waktu dekat akan segera dilantik. Dia mengakui saat ini KPK membutuhkan jaksa penuntut umum yang lebih banyak.

"Kenapa ini menjadi penting? Karena kami mengalami bottleneck terkait penyelesaian perkara setelah pasca penyidikan, berkas perkara selesai, tetapi jaksa penuntut umum berkurang, maka perlu kami tambah penuntut umum," katanya.

Firli menyebut sebetulnya ada 70 jaksa yang dikirimkan oleh Kejaksaan Agung untuk KPK. Namun, menurutnya, hanya 61 jaksa yang berhasil lolos tahap seleksi KPK.

"Alhamdulillah dipenuhi, dari 70 orang jaksa dari kejaksaan RI kita lakukan seleksi, 61 bisa bergabung ke KPK. Di samping itu ada lagi pegawai negeri lain yang bergabung ke KPK," ujarnya.

Saat ini rapat kerja dengan Komisi III DPR masih berlangsung. Masing-masing Wakil Ketua KPK masih memberikan pemaparan di depan anggota Dewan.

(maa/gbr)