Bamsoet Ajak Anak Muda Kreatif Terlibat dalam Sosialisasi 4 Pilar MPR

Nada Zeitalini - detikNews
Selasa, 25 Jan 2022 20:49 WIB
MPR
Foto: Dok. MPR
Jakarta -

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) bersama Generasi Lintas Budaya dan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) melakukan cara kreatif dalam menyosialisasikan Empat Pilar MPR RI kepada generasi muda. Hal itu dilakukan dengan meluncurkan lagu Hymne Pancasila dan Lagu Pancasila Edukasi 'Jiwaku adalah Pancasila' yang berisi pesan kebangsaan tentang pentingnya nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat.

"Dalam lagu tersebut, rencananya kita akan ajak serta berbagai anak-anak muda kreatif yang aktif di berbagai platform media sosial. Seperti Atta Halilintar, Irfan Hakim, Andre Taulani, Sule hingga Raffi Ahmad, maupun berbagai tokoh lainnya yang telah menjadi influencer di kalangan generasi muda. Pelibatan mereka sangat penting, karena dengan kekuatan digital yang masing-masing dimiliki para influencer tersebut, bisa memberikan dampak yang signifikan kepada berbagai kalangan," ujar Bamsoet dalam keterangannya, Selasa (25/1/2022).

Bamsoet menjelaskan, sebelumnya MPR RI juga pernah melakukan cara kreatif dengan meluncurkan video klip lagu 'Pilar Bangsa'. Video klip tersebut merupakan lagu official Sosialisasi Empat Pilar MPR RI yang ditayangkan melalui kanal YouTube MPRGOID.

"MPR RI juga telah meluncurkan novel 'Meraih Mimpi'. Menceritakan perjuangan serta rintangan yang harus dilalui Sukmo dalam mengejar keberhasilan. Didalamnya terdapat berbagai kisah menarik yang mampu menjadi inspirasi bagi generasi muda, serta masyarakat Indonesia," jelasnya.

Ketua MPR RI ini menggunakan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI untuk membangun kekuatan jati diri dan karakter kebangsaan. Menurutnya hal ini tidak hanya dilakukan dengan kegiatan konvensional seperti seminar dan diskusi melainkan dikembangkan lebih kreatif dan inovatif. Selain melalui kesenian seperti lagu 'Pilar Bangsa', lagu 'Jiwaku adalah Pancasila', serta novel 'Meraih Mimpi'. Sosialisasi Empat Pilar MPR RI juga akan digelar melalui stand up comedy, yang kini sedang hits di kalangan generasi muda.

"Sosialisasi Empat Pilar MPR RI secara kreatif juga dilakukan dengan menggandeng berbagai komunitas. Seperti pecinta burung berkicau, mobil antik, motor besar, hingga berbagai komunitas lainnya. Menjadi bagian dari re-branding MPR RI agar semakin fresh, up to date, dan tidak ketinggalan zaman. Sehingga keberadaan MPR RI bisa merasuk ke berbagai kalangan," pungkas Bamsoet.

(akn/ega)