Double O Sorong Dibakar Massa Imbas Bentrok, Ini 4 Faktanya

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 25 Jan 2022 18:29 WIB
Sejumlah polisi berjaga di tempat hiburan malam Double O mengungsi usai bentrokan di Kota Sorong, Papua Barat, Selasa dini hari (25/1/2022). Bentrok antara dua kelompok masyarakat itu mengakibatkan tempat hiburan malam Double O dibakar massa, sebanyak 18 orang tewas serta 31 pekerja mengungsi. ANTARA FOTO/Olha Mulalinda/rwa.
Double O Sorong Dibakar Massa Imbas Bentrok, Ini 4 Faktanya (Foto: ANTARA FOTO/OLHA MULALINDA)
Jakarta -

Double O Sorong merupakan tempat hiburan malam (THM) yang dibakar massa imbas bentrokan. Bentrokan diketahui terjadi antara kelompok pemuda Kei dengan kelompok pemuda Pelauw.

Terdapat sejumlah korban tewas yang terjebak di dalam THM Double O Sorong tersebut. Sejumlah korban tersebut diketahui merupakan warga biasa yang tidak terlibat konflik.

Lalu apa saja fakta-fakta terkait Double O Sorong yang dibakar massa imbas bentrok? detikcom merangkum informasinya berikut ini.

Double O Sorong Dibakar Massa

Bentrokan yang terjadi pada dini hari tadi menyebabkan dua mobil dan satu tempat hiburan malam (THM) bernama Double O dibakar. THM Double O Sorong yang dibakar massa ini menyebabkan belasan korban tewas.

Diketahui tempat hiburan malam Double O ini berlokasi di Kota Sorong, Papua Barat. Lebih tepatnya, Double O Sorong berada di Jalan Sawagumu, Sorong Utara, Papua Barat.

Double O Sorong Dibakar Massa, Ini Pemicunya

Double O Sorong yang dibakar massa merupakan imbas dari bentrokan antara sesama warga asal Maluku. Bentrok dipicu salah seorang korban inisial KR (20) terlambat datang rapat di lokasi kejadian dan dianiaya.

Kabid Humas Polda Papua Barat Kombes Adam Erwindi mengatakan kericuhan ini bermula saat KR, yang merupakan kelompok pemuda Kei, dihadang oleh sejumlah pemuda Pelauw di Jalan Sungai Maruni, Kelurahan Sawagumu, Distrik Sorong Utara, pada sekitar pukul 23.00 WIT, Senin (24/1).

"Salah satu masyarakat terlambat datang (rapat) dan tiba-tiba dihadang masyarakat suku Ambon dan memukul KR sehingga terjadi perkelahian," kata Kombes Adam

KR sudah berusaha melarikan diri setelah dianiaya. Namun dia kembali dilukai dengan parang dan tombak. KR sempat dilarikan ke Rumah Sakit Solube Solu, namun nyawa KR tidak dapat tertolong.

"Namun pada saat di RS Solube Solu, yang bersangkutan dinyatakan meninggal dunia," katanya.

Kelompok pemuda Kei segera melakukan pembalasan, namun kelompok pemuda Pelauw mengamankan diri ke arah Jalan Gunung Jufri. Akhirnya, kelompok pemuda Kei diduga membakar tempat hiburan malam (THM) bernama Double O.

"Massa Kei melakukan pembakaran terhadap tempat hiburan malam Double O dan membakar satu unit mobil," kata Adam.

Double O Sorong Dibakar Massa: 17 Korban Tewas

Sebanyak 17 korban tewas dalam peristiwa terbakarnya THM Double O Sorong akibat bentrokan yang terjadi. Para korban tewas ini berstatus pengunjung dan karyawan Double O.

"Jadi 17 itu tiga pengunjung berarti 14 karyawan, pemain band, vokalis, karyawannya semua," kata Kombes Adam Erwindi kepada detikcom, Selasa (25/1/2022).

Diketahui, 17 korban tewas akibat bentrok maut Sorong ini telah dievakuasi ke RS Solube Solu, Kota Sorong. Para korban dievakuasi menggunakan tiga unit mobil jenazah milik Polresta Sorong.

Kendati status korban terungkap, tim Disaster Victim Identification (DVI) belum bisa memvalidasi identitas korban. Penyebabnya, tim DVI baru mengantongi nama panggilan beberapa korban.

"Sudah ada nama-nama korban, namun nama-nama panggung. Jadi kami akan dalami lagi untuk mencari identitas aslinya sesuai KTP untuk diinformasikan ke pihak keluarga untuk diambil datanya untuk mengecek untuk keperluan DVI," katanya

Double O Sorong yang dibakar massa terjadi di lantai 1. Simak informasinya di halaman selanjutnya.