IPW Dukung Polri Proses Laporan soal Edy Mulyadi

Audrey Santoso - detikNews
Selasa, 25 Jan 2022 16:18 WIB
Screenshot Video Ustaz Edy Mulyadi
Foto: Screenshot Video Edy Mulyadi
Jakarta -

Ketua Indonesia Police Watch (IPW) Sugeng Teguh Santoso mendukung Polri untuk memproses laporan terhadap Edy Mulyadi. IPW punya argumen tersendiri.

Dia menyebut ujaran Edy sarat muatan politis. Dia yakin ujaran Edy dapat dipidanakan.

"IPW mendukung proses ini ditangani oleh Bareskrim karena muatan sosial politiknya sangat besar," tegas Sugeng kepada wartawan, Selasa (25/1/2022).

Menurut Sugeng, ujaran yang dilontarkan Edy Mulyadi dapat dijerat dengan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), yakni Pasal 27 ayat 3 dan Pasal 28 ayat 2.

"Bisa dikenakan pasal berlapis, yaitu Pasal 27 ayat 3 dan Pasal 28 ayat 2 UU ITE," ucap Sugeng.

Sebelumnya, Bareskrim Polri menyatakan mengambil alih kasus dugaan ujaran kebencian soal pernyataan 'tempat jin buang anak' yang diucapkan Edy Mulyadi. Seluruh laporan yang masuk di polda jajaran, termasuk soal dugaan penghinaan terhadap Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, bakal diselidiki.

"Semua laporan polisi, pengaduan, dan pernyataan sikap dari berbagai elemen masyarakat akan dilakukan penyelidikan dan penyidik oleh Bareskrim Polri. Ini terkait dengan pelaku yang sama Saudara EM," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Selasa (25/1/2022).

Ramadhan mengimbau masyarakat agar tetap tenang. Dia juga meminta masyarakat percaya kepada Polri untuk mengurus perkara tersebut.

"Kami Polri meminta masyarakat kita imbau untuk tenang dan percayakan penanganannya kasus ini kepada Polri," jelas Ramadhan.

Untuk diketahui, Edy Mulyadi berkali-kali dilaporkan ke polisi terkait pernyataannya soal Kalimantan 'tempat jin buang anak' dan dugaan penghinaan terhadap Menhan Prabowo Subianto 'macan jadi mengeong'. Pelaporan kasus tersebut dipastikan akan diselidiki lebih lanjut oleh Bareskrim Polri.

"Ya, laporan sudah diterima dan tim Siber langsung melakukan penyelidikan kasus tersebut," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dimintai konfirmasi hari ini.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan Video 'Tokoh Dayak Minta Edy Mulyadi Diberi Hukum Adat!':

[Gambas:Video 20detik]